• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

BPBD Kabupaten Kediri Evakuasi Pohon Tumbang Di Pasar Induk Pare

19 February
14:13 2019
1 Votes (5)

RRI, Kediri : Untuk mengatasi dampak hujan deras disertai angin kencang, yang terjadi pada hari Senin, tanggal 18 Februari 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melakukan evakuasi dan pembersihan sejumlah pohon tumbang di wilayah Pasar Induk Pare.

"Akibat hujan deras, yang juga disertai angin kencang, sejumlah pohon di Kabupaten Kediri tumbang. Salah satunya, di Pasar Induk Pare, Kabupaten Kediri," kata Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha Sakaria, di Kediri, Selasa (19/2/2019).

Menurut dia, bentuk evakuasi yang dilakukan oleh Tim BPBD setempat ini, diwujudkan dengan pembersihan 7 pohon tumbang di Pasar Induk Pare, Kabupaten Kediri. Tindakan ini, karena musibah pohon tumbang tersebut menimpa 2 mobil dan 1 unit bangunan berupa warung semi permanen.

"Dalam penanganan di Pasar Induk Pare ini, petugas  BPBD setempat membutuhkan waktu hingga 3 jam lamanya," katanya.

Dari peristiwa ini, Randy mengimbau, agar masyarakat selalu waspada dengan kondisi hujan deras dan munculnya potensi angin kencang. Khususnya, tiap warga yang rumahnya dekat dengan pohon-pohon besar.

"Ada baiknya, mereka segera melakukan penebangan pohon atau melapor ke petugas terkait, saat ada musibah pohon tumbang," katanya.

Sementara itu, pada hari yang sama, BPBD Kabupaten Kediri bersama Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) setempat, petugas PLN, TNI dan POLRI juga melakukan evakuasi pohon patah di Dusun Tegalsari, Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare.

Bahkan sebelumnya, dampak hujan deras disertai angin, juga terlihat pada hari Minggu, 17 Februari 2019, di wilayah Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Peristiwa ini, menyebabkan 300 lebih pohon tumbang dan merusak 23 rumah warga. Namun demikian, tidak ditemukan korban jiwa pada bencana ini. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00