• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Akibat Truk Mogok, Perjalanan 6 Kereta Api Melewati Kertosono-Purwoasri Terganggu

6 February
09:55 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Akibat satu unit truk mengalami mogok di jalur perlintasan kereta api (KA), di antara petak jalan Kertosono-Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sebanyak enam perjalanan KA di wilayah Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun, terganggu.

"Sebagai dampaknya, perjalanan enam KA di area kami menjadi terlambat. Untuk itu, kami meminta maaf sebesarnya kepada masyarakat dan mohon maklum dengan kondisi ini," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, melalui siaran persnya, di Kediri, Rabu (6/2/2019).

Menurut Ixfan, peristiwa ini diketahui berdasarkan laporan 
dari Pengatur Perjalanan KA, Stasiun Kertosono pada pukul 05.30 WIB. Saat itu, di JPL 303 KM 213 + 700 antara petak jalan Kertosono - Purwoasri, terdapat truk mogok yang menghalangi jalur KA.

"Dari info yang kami terima, pengemudi truk bernama Rona Permana, berusia 34 tahun. Pria yang merupakan warga asal Ciranca RT 04/ RW 04, Kawitan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya ini, mengendarai truk bermuatan Tepung Tapioka sebanyak 25 ton, dengan nopol kendaraan Z 9056 HA," ujarnya.

Mengenai kronologi kejadian, ungkap dia, bermula pada saat truk tronton melewati JPL 303. Lalu, kendaraan ini mengalami mogok tepat diatas jalur rel lintas Kertosono-Purwoasri.

"Saat itu juga, pengemudi tidak bisa mengerakan mobil sama sekali agar terbebas dari jalur KA. Kemudian, petugas JPL 303 mengabarkan pada Petugas Petugas Pengatur Perjalanan KA (PPKA) Stasiun Kertosono bahwa, ada truk mogok menghalangi jalur KA, guna keselamatan perjalanan KA," katanya.

Langkah selanjutnya, tambah dia, PPKA melaporkan kejadian tersebut kepada Pusat pengendali KA, dan langsung memberhentikan beberapa perjalanan KA. Dengan demikian, jalur yang akan dilalui dipastikan telah aman.

Sementara itu, ulas dia, akibat kejadian tersebut, sesuai pantauan petugas pada pukul 08.00 WIB ada beberapa kereta api yang tertahan perjalanannya. Masing-masing, KA 42 (KA Gajayana) di Stasiun Kertosono, mengalami lambat 142 menit. Lalu, KA 176 (KA Brantas) di Stasiun Kertosono datang 119 menit.

"Berikutnya, KA 142 (KA Majapahit) di Stasiun Kertosono lambat 96 menit. Ada pula KA 182 (KA Kahuripan) di Stasiun Baron lambat 88 menit, KA 411 (KA Dhoho) di Stasiun Purwoasri lambat 49 menit, dan KA 419 (KA Dhoho) Stasiun Sembung lambat 38 menit," katanya.

Terkait tindak lanjut, maka pada saat ini unit pengamanan setempat juga melaporkan peristiwa ini kepada pihak kepolisian. Bahkan, mengevakuasi truk dengan dibantu warga setempat, beserta pihak kepolisian agar truk yang menghalangi jalur KA segera digeser dengan cara mengurangi muatannya.

"Lalu, pukul 07.56 WIB truk baru bisa dipindahkan dari jalur KA JPL 303 KM 213+700 antara Kertosono - Purwoasri," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00