• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Lestarikan Kuliner Tradisional, Produk UMKM Desa Wisata Jambu Tarik Minat Wisatawan

24 January
18:43 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk melestarikan berbagai kuliner tradisional khas Kediri, sejumlah pelaku UMKM di Desa Wisata Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri berupaya mengenalkan hasil kreasinya tanpa meninggalkan resep warisan leluhur.

"Selama ini, kita jarang mendapati penjual aneka kuliner tradisional. Bahkan anak muda sekarang, kurang mengenal apa saja kekayaan kuliner khas Kediri," kata Qori, salah satu pelaku UMKM di Desa Wisata Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Kamis (24/1/2019).

Apalagi, ungkap dia, dengan kehadiran Pasar Tradisional Papringan yang menjadi etalase makanan dan minuman asli Kediri di kawasan ini, kini berbagai lapisan masyarakat di Kabupaten Kediri hingga di penjuru Nusantara bakal mengenal panganan tradisional ini.

"Bahkan, kami berterima kasih kepada perangkat desa setempat yang tak henti memberikan dukungan dan promosi. Kini, ragam produk UMKM kami ini selalu laris manis kareba diserbu pembeli," katanya.

Terlebih lagi, tambah dia, beberapa waktu terakhir di kawasan wisata yang berlokasi di Kebun Bibit, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri itu, kerapkali dikunjungi banyak wisatawan lokal hingga mancanegara.

"Yang datang ke lapak kami, umumnya terlihat ramai saat libur akhir pekan. Seperti anak Kampung Inggris Pare, yang notabene dari luar Kediri juga sering wisata dan mencicipi kuliner buatan kami," katanya.

Dia menambahkan, di stan setiap pelaku UMKM di kawasan ini tersedia beragam makanan tradisional, yang dilepas dengan harga terjangkau. Misalnya Kerupuk Puli, Jenang Sagu, dan Jenang Jagung. Bahkan, di stan lain juga terlihat Sego Ampok, Cenil, Ketan Hitam, hingga Es Dawet, dan Jenang Grendul.

Turut hadir di lokasi ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Sinarto.

Dia mengaku, pihaknya sengaja datang untuk mendukung terlaksananya Program Gerakan Sadar wisata dan Aksi Sapta Pesona di Jawa Timur. Salah satunya, di wilayah Kabupaten Kediri yang memiliki banyak Desa Wisata.

"Kami optimis, dengan program tersebut akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jatim terutama di Kediri. Langkah ini juga ikut menumbuhkan ekonomi warga setempat," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00