• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata, Pemprov Jatim Optimalkan Desa Wisata Di Kabupaten Kediri

24 January
18:18 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk menambah jumlah kunjungan wisatawan di daerah, Pemerintah Kabupaten Kediri, bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menggalakkan Program Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona.

"Untuk itulah, kami gelar sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Desa Wisata Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto, saat menghadiri Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, di Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Kamis (24/1/2019).

Pada kesempatan ini, dia menyampaikan, sangat bangga dengan besarnya kesadaran masyarakat di Kediri, dalam mewujudkan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Apalagi, di Desa Wisata Jambu ini terlihat kekompakan warga bersama perangkat desa setempat, terutama guna merealisasikan objek wisata yang memiliki konsep.

Bahkan, dengan konsep 'Ndeso' dan menghadirkan Pasar Tradisional Papringan, diyakini mampu mendatangkan banyak wisatawan. Ke depan, dia optimistis, agenda semacam ini ikut meningkatkan PDRB Jatim pada masa mendatang, terutama dari sektor pariwisata.

"Kami percaya, dengan mengajak masyarakat mensukseskan program semacam ini, maka jumlah wisatawan yang datang ke Kediri makin banyak. Apalagi, potensi kunjungan wisatawan asing ke Indonesia pada tahun ini ditargetkan naik, menjadi 20 juta wisman dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 17 juta wisman," katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo berharap, dengan sosialisasi tersebut maka keberadaan Kediri, yang notabene mempunyai banyak aset dan objek wisata tematik ini, bakal menarik minat banyak wisatawan.

"Lantaran, sebentar lagi Kediri memiliki bandara internasional. Tentu saja, hal ini akan memudahkan para wisatawan mancanegara dan lokal dalam berkunjung dan menikmati berbagai objek wisata di Kediri," katanya.

Sementara itu, perlu diketahui, setelah melakukan sosialisasi di kawasan wisata ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Sinarto tampak didampingi segenap Forkopimda setempat, serta berbagai komunitas peduli lingkungan dan sadar wisata melakukan penanaman aneka jenis pohon di kawasan Desa Wisata Jambu. Upaya ini, diharapkan bisa menambah penghijauan dan sekaligus menunjang keindahan di area wisata tersebut. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00