• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Taman Hutan Kota Pare, Destinasi Wisata Baru Masyarakat Kabupaten Kediri

21 January
14:45 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Untuk menghadirkan nuansa alam dan alternatif wisata di tengah kota, Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, kini meresmikan pendirian Taman Hutan Kota Pare. Salah satu, ruang terbuka hijau atau RTH yang berada di sebelah RSUD Pelem, Kecamatan Pare tersebut, dibangun sebagai paru-paru Kota atau penyedia oksigen alami bagi publik.

"Untuk menarik perhatian pengunjung, kami melengkapi Taman Hutan Kota Pare ini dengan berbagai wahana bermain dan hiburan masyarakat, sehingga mereka tak perlu pergi ke mall untuk mendapatkan hiburan atau berwisata. Seperti halnya Rumah Pohon, yang sengaja dibangun memakai cat warna-warni dan berdekatan dengan lokasi kolam dan air mancur," kata Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, saat menghadiri peresmian Taman Hutan Kota Pare, di Kediri, Senin (21/1/2019).

Haryanti mengaku, sangat senang bisa menyajikan RTH yang dilengkapi dengan sentuhan desain modern nan apik. Bahkan, tersedia berbagai wahana rekreasi dan juga edukasi bagi masyarakat. Beragam wahana ini, juga dapat digunakan sebagai spot swafoto atau selfie bagi penggemar fotografi. Selain Rumah Pohon, ada pula penambahan pemandangan hijau berupa Zona Terasering, yang ditanami aneka rumput hijau dan sengaja ditanam dengan konsep berundak.

"Taman ini juga memadukan konsep taman kota dengan fungsi ekologi serta edukasi, pengenalan bermacam jenis pohon," katanya.

Selain itu, lanjut dia, juga diwujudkan sebagai upaya melestarikan potensi sumber air yang ada di kawasan tersebut. Kemudian, sumber air ini diolah menjadi elemen yang menyejukkan, sehingga terciptalah suasana yang alami dan menyegarkan di daerah ini.

"Sementara itu, area wisata yang dibuka gratis bagi masyarakat ini, juga sengaja dibangun untuk mengumpulkan para pedagang kaki lima yang menjual beragam kuliner dengan harga terjangkau. Mereka ditempatkan di sentra kuliner khusus yang tak jauh dari area bermain anak," katanya.

Sebagai informasi, Taman Hutan Kota Pare yang telah dibangun pada akhir tahun lalu, oleh Pemkab Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, kini resmi dibuka bersamaan dengan Taman Ringin Budho Pare. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00