• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Antisipasi Penumpukan Sampah, DLHKP Kota Kediri Siapkan Rp 12 Miliar

14 January
14:35 2019
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Untuk mengantisipasi penumpukan volume sampah di Kota Kediri, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri menganggarkan dana sebesar Rp 12 miliar.

"Kami menyiapkan dana Rp 12 miliar untuk membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tahap ketiga," kata Kepala DLHKP Kota Kediri, Didik Catur, di Kediri, Senin (14/1/2019).

Dia menyampaikan, bahwa pada tahun ini kondisi TPA yang berada di kawasan Gunung Klotok, Kota Kediri, diperkirakan mencapai 145 ton. Volume tersebut diperkirakan overload, jika dibandingkan dengan kapasitas TPA yang ada sekarang.

"Peningkatan volume sampah ini, dipicu kian besarnya jumlah sampah yang dibuang oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, tambah dia, ke depan pembangunan TPA baru yang dilakukan di TPA Klotok ini, bakal dilengkapi dengan sejumlah alat modern. Salah satunya mesin conveyor, atau alat pengurai sampah yang didesain dengan teknologi canggih.

"Pembangunan TPA tahap ketiga tersebut, dilakukan dengan memperluas area TPA lama. Yang mana, luas lahan yang tersedia di kawasan ini mencapai 1 hektare," katanya.

Ke depan, lanjut dia, untuk menambah usia TPA tersebut, agar bisa dioptimalkan dalam waktu yang lama, maka DLHKP Kota Kediri bakal membuat sejumlah terobosan.

"Misalnya bersinergi dengan berbagai pihak terkait, hingga mendorong masyarakat melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang ke TPA," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00