• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Bantuan Sembako dari Jatim, Tiba di Lampung

7 January
17:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Bentuk kepedulian warga Jatim memberikan bantuan kepada korban tsunami Lampung, melalui Partai NasDem. Hari ini, Senin (7/1/2019) 19 armada truk, sampai di Lampung Selatan. 

Ketua DPW Partai NasDem Sri Sajekti Sudjunadi atau Kakak Jess mengatakan, bantuan yang dibawa armada kemanusiaan ini bukan dari Partai NasDem, namun sesungguhnya bantuan dari warga Jawa Timur.

"Kami hanya mengantarkan saja. Bismillah, kami menyerahkan 19 armada bantuan," ujar Kakak Jess. 

Bantuan ini, kata Kakak Jess, berasal dari warga Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Tuban, Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Kota Batu, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Blitar dan warga Kota Madiun.

Di dalam surat pengantar bantuan tersebut kata Kakak Jess, juga tertera nama-nama dermawan, nama dan jumlah barang yang disumbangkan. Penyerahan 19 armada berisi bantuan dari warga Jatim untuk korban tsunami di Lampung Selatan ini juga diacak.

"Barang yang kami bawa ini sesungguhnya bukan itu yang kami serahkan. Tapi kami datang membawa cinta. Kami membawa perasaan sesama sebangsa se tanah air. Bahwa apa yang menimpa saudara kami di Lampung juga dirasakan warga Jawa Timur," tuturnya.

"Sedikit atau banyak bukan itu, tapi kami kirimkan doa dan semangat serta rasa persatuan dan kepedulian yang kami harapkan, agar saudara-saudara kami di Lampung Selatan ini kuat menerima cobaan dan segera bangkit," harapnya.

Ihsan, salah satu perwakilan dari Pasuruan mengatakan, bantuan yang diberikan ke korban tsunami bukan apa-apa. "Tapi yang terpenting adalah doa kami dari Pasuruan. Semoga tetap semangat dan bangkit kembali warga Lampung Selatan," katanya.

Beragam bantuan dari warga Jatim yang diserahkan ke Pemkab Lampung Selatan untuk korban tsunami. Diantaranya, sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan bahan lainnya. Juga ada kebutuhan warga lainnya seperti popok, pampers, pembalut wanita, sandal, alas tidur hingga tandon air.

Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto merasa terharu apa yang diberikan warga Jatim yang difasilitasi oleh Partai NasDem seluruh daerah kabupaten dan kota se Jawa Timur. Melalui perjalanan panjang dari ujung Jawa yakni Banyuwangi hingga sampai ke Lampung untuk menjalankan aksi kemanusiaan.

"Partai NasDem dan warga Jawa Timur begitu gotong royong, begitu simpatik kepada warga Lampung Selatan. Kami atas nama pemerintah dan warga Lampung Selatan, beribu-ribu mengucapkan terima kasih. Ini sebagai bentuk membangkitkan moril kami khususnya warga yang terkena musibah tsunami. Mudah-mudahan kami bisa menyalurkan ke korban tsunami," jelas Nanang.

Musibah tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 sekitar pukul 21.30 wib itu mengakibatkan kerusakan di beberapa desa dan kecamatan di Lampung Selatan seperti di wilayah Kecamatan Kalianda, Kecamatan Rajabasa. 

Ada 118 warga di Lampung Selatan dinyatakan meninggal dunia, 7 orang hilang, 9.572 jiwa mengalami luka ringan dan luka berat. Sebanyak 683 rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat dan jumlah pengungsi sebanyak 6.541 jiwa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00