• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

Berbagi "Jumat Berkah", Kunci Sukses Anas Pandu Berwirausaha Kuliner

1 December
17:37 2018
1 Votes (5)

RRI, Kediri : Berbagi dengan sesama, mungkin bagi segelintir orang hanya pantas dilakukan oleh masyarakat menengah atas, yang notabene memiliki kemampuan keuangan melimpah. Namun hal ini, tidak berlaku bagi pemilik usaha kuliner dan catering, asal Surabaya, Anas Pandu Gunawan, dengan brand Mumtaaz Kitchen.

Saat berbagi pengalaman kepada masyarakat di Kediri, Anas Pandu menceritakan, keajaiban dari Program Berbagi Jumat Berkah, yang dilakoninya setiap hari Jumat.

"Program ini dilakukan, dengan membagi sejumlah nasi bungkus kepada kaum dhuafa di sekitar rumah," kata Pemilik Usaha Katering dan Kuliner "Mumtaaz Kitchen", Anas Pandu, di Kediri, Sabtu (1/12/2018). 

Alhasil, dari bentuk penyaluran amal tersebut lambat laun usaha yang dirintis sejak tahun 2015, dengan menjual Wingko Suroboyo, dan berkembang menjadi Catering dengan brand Mumtaaz Kitchen, hingga kini makin dikenal masyarakat.

Apalagi bagi Pandu, yang memiliki background seorang jurnalis, dan agen asuransi menjalani bisnis kuliner bukan hal mudah.

"Tapi dengan penuh semangat, dan keinginan mau belajar hal baru, omzet usaha ini semakin meroket," ujarnya.

Pandu menyebutkan, jika awalnya biasa menghasilkan ratusan ribu Rupiah, kini naik menjadi jutaan Rupiah per hari.

Dalam menjalani program Berbagi Jumat Berkah, sampai sekarang pihaknya bisa menyalurkan hingga ratusan nasi bungkus per hari Jumat. Jumlah ini diperoleh, dari penyisihan omzet usahanya, serta titipan dari sejumlah donatur yang ingin ikut berbagi amal kepada masyarakat.

"Bahkan sempat, saya merasakan keajaiban program ini dan rasanya seperti mukjizat. Pernah ada rekan saya di luar negeri, dia terkena suatu masalah sehingga gagal pulang ke Tanah Air, tapi waktu yang sama, saya menawarkan apa dia mau jadi donatur, akhirnya, dia berkenan dengan syarat, pinjam uang dulu, dan sepulang di Indonesia, akan dibayar," katanya.

Lantas, kata dia, dari niat baik tersebut pihaknya mampu memberikan bantuan makanan kepada sesama. Bahkan, di sisi lain, rekan yang di luar negeri tersebut, pada akhirnya bisa pulang ke Indonesia, karena permasalahannya telah terselesaikan.

Di lain pihak, guna memberikan inspirasi bagi generasi muda, pihaknya juga tak lupa membagi kisah sukses dan manfaat beramal, kepada para pelajar dan masyarakat. Bahkan di Kota Kediri ini, dia sempat didapuk, sebagai narasumber dalam sebuah seminar motivasi yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00