• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Kembangkan Destinasi Wisata Baru, Disbudpar Jatim Apresiasi Kinerja Pemkot Kediri

19 November
20:39 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur memberi apresiasi besar terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dalam mengembangkan destinasi wisata baru.

"Kami akui, Kota Kediri tidak memiliki banyak wisata alam. Namun, hal itu bisa disiasati dengan menciptakan event wisata berskala lokal hingga internasional," kata Kepala Disbudpar Provinsi Jatim, Sinarto, di Kota Kediri, Senin (19/11/2018).

Sinarto meyakini, dengan ide kreatif dan inovasi yang ada maka berbagai event wisata bisa direalisasikan menjadi agenda tahunan. Misalnya saja, keberadaan kawasan wisata Goa Selomangleng di Kota Kediri, kini dengan usaha keras pemda setempat disulap menjadi area pertunjukan seni dan budaya yang luar biasa.

"Dengan cara ini, event yang digelar di Goa Selomangleng, Kota Kediri bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara," katanya.

Ke depan, dia berharap, melalui perkembangan sektor pariwisata maka Kota Kediri dapat sebagai sentra "Art Tourism". Lebih tepatnya, diharapkan Kota Kediri menjadi salah satu wujud aksesibilitas di kawasan ini.

"Bahkan, Kota Kediri juga ditargetkan mampu memberikan berbagai atraksi kepariwisataan yang spektakuler di Provinsi Jawa Timur," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengemukakan, bahwa saat ini Kota Kediri telah mereposisi menjadi kota jasa dan perdagangan. Dengan komitmen inilah, maka pagelaran seni dan budaya "Selomangleng" bertajuk "Panji Mbulan" diharapkan bisa terus digelar setiap tahun.

"Event ini sudah digelar beberapa kali, jadi ke depan ditargetkan bisa ada banyak pengunjung yang datang di kawasan wisata Goa Selomangleng, Kota Kediri. Dengan cara ini, juga sekaligus menggerakkan roda ekonomi warga Kediri," katanya.

Apalagi, lanjut dia, kini Kota Kediri juga mendapat dukungan lebih dari pemerintah. Salah satunya, berupa percepatan pembangunan infrastruktur yang melalui Kota Tahu, Kediri.

"Sebentar lagi, ada bandara dan jalan tol yang melintas di Kota Kediri," katanya.

Oleh karena itu, Abdullah berharap, masyarakat Kota Kediri menyiapkan dirinya dengan baik. Khususnya, dari sisi kompetensi SDM maupun kemampuan mereka dalam menangkap peluang usaha yang ada. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00