• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba-Serbi

500 Jenis Batu Akik Ikuti Kontes Sambut Hari Kesaktian Pancasila di Surabaya

28 September
01:15 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pesona batu akik rupanya masih belum pudar sepenuhnya di masyarakat, hal itu terbukti masih saja ada peminat untuk membeli atau sekedar mengoleksi batu yang biasa digunakan untuk cincin tersebut. 

Kali ini sebanyak 500 peserta pemilik maupun pecinta batu akik dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Surabaya, dalam rangka even Gems Surabaya Festival, menyambut Hari Kesaktian Pancasila. 

Ketua Panitia Penyelenggara, Nurul Islamiyah mengaku hampir setiap tahun, pihaknya menyelenggarakan even pameran yang mewadahi para penjual, kolektor, maupun peminat batu akik. 

"Tapi kita sengaja mengambil timing timing yang pas. Seperti kali ini, menyambut Hari Kesaktian Pancasila," ujarnya, Kamis (27/9/2018).

Peserta datang dari berbagai daerah, seperti Bengkulu, Makassar, Sulawesi, dan Kalimantan. Selain pameran, juga ada lapak lapak bagi pedagang pinggiran yang sengaja diajak, untuk mengangkat daya jual mereka. 

"Ada kontes batu akik juga," imbuhnya. 

Lebih dari 500 jenis batu akik ada di pameran yang diselenggarakan di Cafe Pregolan, sejak 27 - 29 September ini. Dengan harga jual bervariatif, mulai dari yang paling murag Rp 100 ribu sampai yang paling mahal Rp 150 juta.

"Semuanya ada, hampir 500 kategori jenis batu," tambahnya. 

Diakui Nurul, pangsa pasar batu akik masih cukup terbuka, baik nasional maupun internasional. Terbukti didalam negeri, masih banyak peminat, sedangkan luar negeri, pembeli dari Arab Saudi, China dan Singapura tak luput mengincar batu akik. 


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00