• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Tim Kesehatan Pastikan Tetap Memantau Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Hingga 21 Hari kedepan

30 August
13:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya: Hingga hari ini,  jumlah jemaah haji jawa timur yang wafat mencapai 36 orang, jumlah ini turun drastis dibandingkan tahun lalu yang mencapai 145 orang. Ini tidak terlepas dari upaya PPIH baik daerah maupun pusat yang serius menangani pelayanan kesehatan bagi jemaah haji. 

Sementara itu,  Kesehatan jemaah haji setelah tiba di Indonesia akan terus dipantau selama 21 hari ke depan. Hal ini disampaikan oleh pejabat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya, Jawa Timur. 

Kepala KKP Kelas 1 Surabaya dr Muhammad Budi Hidayat, Kamis, (30/8/2018)  mengatakan, pemantauan kesehatan jemaah haji harus terus dilakukan untuk memastikan tidak tertular penyakit tertentu dari Arab Saudi. 

“Di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, jemaah haji yang datang dari tanah suci diperiksa satu persatu menggunakan Thermoscanner.”kata Dokter Budi.

Sementara itu terkait kepulangan jemaah haji, Kloter 8,9,10 Debarkasi Surabaya asal Jember, Sumenep, Surabaya, hari ini tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya mulai pukul 06.10 WIB. Budi memastikan, jemaah kloter 8,9,10 Debarkasi Surabaya yang berjumlah 1.313 orang itu semuanya dalam kondisi sehat. 

“Namun begitu, untuk seluruh jamaah haji yang tiba di Tanah Air, kondisi kesehatannya masih harus dipantau selama 21 hari ke depan.”ungkapnya. 

"Kalau sudah sampai di rumah dan kemudian ada yang mengalami gejala demam, batuk atau pilek, diharapkan segera melapor ke petugas kesehatan di puskesmas setempat," tutur Budi.

Petugas kesehatan di daerah asal jemaah haji itu, lanjut dia, nantinya akan melakukan pemeriksaan apakah sakitnya berasal dari Arab Saudi atau tidak.(ER)///

  • Tentang Penulis

    Ermina Jaen

    Editor Siaran RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00