• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Bupati Kediri Imbau Tim Peduli Lombok Salurkan Bantuan Di Tempat Terpencil

21 August
19:12 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri : Pemerintah Kabupaten Kediri terus menunjukkan kepeduliannya terhadap korban gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB), di Pulau Lombok. Hal ini dibuktikan dengan keberangkatan Tim Kedua untuk Program Peduli Lombok dari Kabupaten Kediri.

"Nantinya, Tim Kedua ini sekaligus mendata barang apa saja yang dibutuhkan para korban bencana. Apalagi, beberapa waktu lalu lereng Gunung Rinjani, juga sempat longsor, jadi inilah bentuk kepedulian kami dan idealnya bantuan ini disalurkan di tempat terpencil," kata Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, saat memberangkatkan Tim Kedua Peogram Bantuan Peduli Lombok, di halaman Kantor Pemkab Kediri, Selasa (21/8/2018).

Dia menjelaskan, bahwa pada pengiriman bantuan ini Pemkab Kediri memberangkatkan sejumlah bantuan dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari masyarakat umum, lembaga pemerintah, pihak swasta, dan bantuan lainnya.

"Idenya ini juga muncul dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat. Akhirnya dikirimlah 10 orang dokter dan bantuan obat-obatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Randy Agatha Sakaria,  bahwa pengiriman bantuan ini juga dilengkapi dengan sejumlah ambulance, dan genset.

"Ada pula kebutuhan logistik lain yang dibutuhkan oleh korban gempa Lombok. Misalnya tenda, alat mandi, air minum, pakaian dalam, popok bayi, selimut, hingga makanan siap saji," katanya.

Bahkan, lanjut dia, juga ada bantuan uang tunai atau donasi yang terkumpul dari masyarakat yakni sebesar lebih dari Rp 141 juta. Selain itu, juga ada pengiriman bantuan berupa beras sebanyak 17,6 ton.

"Beragam bantuan yang  dikirimkan Pemkab Kediri saat ini, diangkut menggunakan kapal laut, melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," katanya.

Kemudian, sejumlah bantuan ini akan langsung dikirimkan menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Berikutnya, disalurkan ke sejumlah titik  yang belum pernah dijangkau oleh bantuan lainnya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00