• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni & Budaya

Peringati Hari Jadi, Pemkot Kediri Mengaku Belum Melibatkan Pelajar Secara Maksimal

7 August
18:56 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Kemeriahan rangkaian acara Hari Jadi ke-1.139 Kota Kediri, yang dihadirkan sejak bulan Juli lalu hingga sekarang memunculkan antusiasme luar biasa dari masyarakat.

Namun demikian, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Olahraga, dan Kepemudaan Kota Kediri mengaku kemeriahan ini belum sepenuhnya melibatkan kalangan pelajar.

"Kami akui bahwa peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke-1.139 ini belum sepenuhnya melibatkan pelajar," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Olahraga, dan Kepemudaan Kota Kediri, Nur Muhyar, di Kota Kediri, Selasa (7/8/2018)

Menurut dia, kondisi ini karena rangkaian acara peringatan HUT Kota Kediri tahun ini, pada umumnya bertepatan dengan jam sekolah para pelajar.

"Memang para pengunjung yang datang ini, yang menonton berbagai sajian budaya, dan seni tersebut lebih banyak didominasi dari masyarakat umum. Ada pula budayawan, penggemar seni, dan juga pelaku seni itu sendiri," katanya.

Nur Muhyar menambahkan, bahwa beragam acara kebudayaan yang berasal dari Kota Kediri, sangatlah penting bagi para pelajar selaku generasi penerus bangsa.

Dari sejumlah agenda budaya, seni, dan sejarah inilah, para pelajar idealnya dapat mengenal lebih jauh, asal usul serta seperti apa Kota Kediri pada zaman dulu. Kemudian, diharapkan mereka mampu sebagai kaum muda, untuk ikut melestarikan dan mempertahankan warisan budaya kepada generasi selanjutnya.

Ke depan, Pemkot Kediri juga akan menggelar koordinasi lebih lanjut, dengan pihak manajemen sekolah, baik di tingkat Sekolah Dasar, SMP, hingga SMA.

"Dengan begitu, pada masa mendatang melalui pengenalan budaya inilah, maka akan melahirkan para generasi muda, yang memiliki bekal untuk memunculkan inovasi di segala bidang," katanya.

Untuk diketahui, lanjut dia, agenda peringatan HUT kota ini yang memiliki unsur budaya dan seni, di antaranya Larung Sesaji di Sungai Brantas, hingga menggelar Upacara Manusuk Sima di Kawasan Kuwak, Taman Tirtayasa Kota Kediri.

"Beragam acara ini dikemas semenarik mungkin, termasuk melibatkan banyak budayawan dan pelaku seni asli Kediri," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00