• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Musim Haji 2018, Jumlah Barang Sitaan JCH Kabupaten Kediri Menurun

7 August
18:41 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Pada musim haji tahun 2018, jumlah barang sitaan milik jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Kediri mengalami tren penurunan dibandingkan pada periode sama tahun lalu.

"Tahun ini tingkat kepatuhan jamaah mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari turunnya jumlah barang sitaan milik jamaah, yang ditemukan oleh petugas imigrasi," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Azis Usman, di Kediri, Selasa (7/8/2018).

Kondisi ini, ungkap Azis, juga dipengaruhi oleh gencarnya sosialisasi pemerintah kepada para jamaah calon haji. Misalnya saja, melalui agenda manasik haji, bimbingan haji, majelis, serta imbauan langsung dari pihak KUA di daerah asal para jamaah.

Di samping itu, tahun ini Kantor Kemenag Kabupaten Kediri memberangkatkan sebanyak 1.341 jamaah. Mereka ini tergabung dalam 3 kloter berbeda yakni kloter 54, kloter 55, dan kloter 56.

Seiring meningkatnya kesadaran jamaah, maka dari pemeriksaan petugas imigrasi di kloter 54, ditemukan 34 gunting. Ada pula sejumlah paku, silet, hingga cutter.

"Berikutnya di kloter 55 petugas maskapai penerbangan menemukan 32 gunting,  sedangkan di kloter 56 tampak seluruh barang tajam dan logam telah ditinggalkan oleh jamaah di dalam kamar asrama. Mungkin ini karena jamaah telah mengetahui bahwa JCH di kloter sebelumnya ada barang yang disita petugas, jadi sebelum terbang ke Mekkah mereka tidak jadi membawa barang itu," katanya.

Lebih lanjut, Azis menyampaikan, memang beragam alat ini dibutuhkan oleh para jamaah. Khususnya untuk mencukur rambut saat di Tanah Suci. Namun penyitaan ini merupakan aturan dari pihak maskapai penerbangan.

"Yang mana, barang ini bukan berarti berbahaya untuk dikonsumsi maupun lainnya. Tapi karena ada aturan penerbangan, maka barang tersebut harus diamankan," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00