• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Antisipasi JCH Sakit, Kemenag Kota Kediri Angkut 14 Kursi Roda

6 August
18:48 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Pada musim haji tahun 2018, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kediri mengikutsertakan 14 unit kursi roda saat pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) setempat ke Tanah Suci.

"Kami imbau semua JCH menjaha kesehatan mereka. Khususnya yang menderita penyakit, supaya tidak lupa minum obat secara teratur, karena cuaca di Tanah Air sangat berbeda dengan di Mekkah dan Madinah," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Kediri, Tjijik Rahmawati, di Kediri, Senin (6/8/2018).

Dia mengatakan, bahwa imbauan ini sangat penting bagi jamaah. Lantaran dari 341 jamaah yang berangkat ke Tanah Suci, ada sebanyak 52 persennya yang termasuk risiko tinggi.

"Yang mana, mereka ini pada umumnya menderita penyakit diabetes dan juga kolesterol," ujarnya.

Terkait upaya mengatasi adanya jamaah yang jatuh sakit di Tanah Suci, tambah dia, maka saat pemberangkatan jamaah tahun ini, pihak Kantor Kemenag Kota Kediri juga mengangkut sebanyak 14 unit kursi roda. Jumlah ini telah disesuaikan pula, dengan data para jamaah yang berisiko tinggi.

Di sisi lain, Tjijik menyarankan, agar para jamaah berisiko tinggi ini juga rutin mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan telah disiapkan oleh pihak catering di Tanah Suci.

"Tapi jika mereka menemukan makanan yang berbahaya bagi tubuhnya, maka idealnya jangan dikonsumsi," katanya.

Namun demikian, Tjijik mendoakan, agar kondisi kesehatan para jamaah tersebut dapat semakin membaik. Khususnya baik saat mereka beribadah di Tanah Suci hingga ketika pulang ke Tanah Air.

Sebagai informasi, lanjut dia, total jamaah Kota Kediri tahun ini mencapai 341 jamaah. Jumlah ini mengalami penurunan, jika dibandingkan jumlah jamaah tahun lalu sebanyak 363 jamaah.

"Kondisi ini karena adanya aturan baru dari pemerintah, bahwa jumlah maksimal hanya 340 jamaah di wilayah Kota Kediri," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00