• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Kemenag Kota Kediri Imbau JCH Perbanyak Konsumsi Air Zam-zam

3 August
19:04 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kediri mengimbau kepada ratusan jamaah calon haji (JCH) di wilayahnya untuk banyak mengonsumsi air zam-zam saat beribadah di Tanah Suci.

Menurut Tjijik Rahmawati, selaku Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kota Kediri, dengan mengonsumsi banyak air zam-zam, maka jamaah diyakini tidak akan mengalami dehidrasi.

"Apalagi memang, suhu udara di Mekkah dan Madinah diperkirakan sangat panas dibandingkan di Indonesia," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kota Kediri, Tjijik Rahmawati, saat menghadiri keberangkatan 341 Jamaah Calon Haji Kota Kediri, di Aula Muktamar Lirboyo, Kota Kediri, Jumat (3/8/2018).

Selain minum air zam-zam, maka ada baiknya mereka juga menyemprotkan spoiler atau alat penyemprot air ke wajah. Dengan demikian, selama mereka di Tanah Suci, ibadah mereka tetap berjalan dengan lancar tanpa terganggu cuaca panas.

Sementara, Muhammad Fajri, Anggota Tim Kesehatan Haji Indonesia, menambahkan, bahwa kondisi cuaca di Tanah Suci ini sangat mengkhawatirkan.

"Bahkan diprediksi, suhu udara di sana akan mencapai titik tertinggi atau di posisi 50 derajat Celsius, saat para jamaah menjalani Wukuf di Arafah," katanya.

Ke depan, saran dia, ada baiknya pula para jamaah juga tepat waktu saat mengonsumsi makanan. Khususnya bagi jamaah yang menderita penyakit tertentu, maka idealnya mereka mengonsumsi obat secara teratur.

Sebagai informasi, pada keberangkatan JCH Kota Kediri tahun 2018 ada sebanyak 341 jamaah. Mereka ini meliputi 192 jamaah perempuan dan 109 jamaah laki-laki.

Ratusan jamaah tersebut diberangkatkan oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya pada pukul 07.15 WIB, tanggal 3 Agustus 2018. Rombongan JCH diangkut dengan 8 unit bus dan dikawal 2 mobil patwal, 1 unit ambulance, dan kendaraan lain.

Kemudian, mereka diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur ke Tanah Suci pada tanggal 4 Agustus 2018, pukul 11.15 WIB. Rombongan JCH dari kloter 53 ini dijadwalkan tiba di Jeddah pada pukul 18.15 waktu Saudi Arabia. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00