• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni & Budaya

Hari Jadi Ke-1.139, Pemkot Kediri Gelar Upacara Manusuk Sima

27 July
15:09 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menggelar Upacara Manusuk Sima, guna 
memperingati Hari Jadi Kota Kediri ke-1.139, yang jatuh pada tanggal 27 Juli ini.

"Pada agenda yang berlangsung, sejak pagi hari di Taman Tirtayasa Kota Kediri ini, tampak antusias pengunjung dari berbagai daerah sangat luar biasa," kata Wali Kota Kediri, yang diwakili oleh Asisten 1 Pemkot Kediri, Mandung Sulaksono, saat memberikan sambutan pada Upacara Manusuk Sima, di Taman Tirtayasa Kota Kediri, Jumat (27/7/2018).

Mandung menjelaskan, Upacara Manusuk Sima ini diadakan dalam rangka mengenang awal mula berdirinya Kota Kediri. Bahkan agenda ini, juga sebagai upaya pemda setempat dalam melestarikan budaya leluhur.

"Budaya adalah senjata masyarakat untuk mewujudkan kerukunan beragama, cinta kasih, dan sebagai dasar bagi generasi muda untuk meneruskan pembangunan Kota Kediri," ujarnya.

Di lokasi yang sama, tampak hadir Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri, Nur Muhyar.

Nur menyampaikan, bahwa Upacara Manusuk Sima ini merupakan salah satu cara untuk menggali kembali nilai historis masa lampau di Kediri. Bahkan sekaligus mengulang peristiwa masa lalu, untuk ditampilkan kembali dalam sebuah acara yang edukatif dan juga rekreatif.

"Namun disuguhkan ke masyarakat, tanpa menghilangkan alur dan makna sebenarnya," katanya.

Untuk diketahui, pada setiap tahunnya Upacara Manusuk Sima ini digelar di daerah Kuwak, Kota Kediri.

Hal ini didasarkan pada sejarah lahirnya Kota Kediri, pada Prasasti Kwak sehingga tanggal 27 Juli Tahun 879, dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Kediri.

Sementara itu, pada peringatan Hari Jadi Kota Kediri tahun ini, pemda setempat menyiapkan serangkaian agenda publik. Mulai dari Doa Bersama, Semaan Al Quran, Santunan Anak Yatim Piatu, Upacara Manusuk Sima, Festival Jaranan, hingga Pesta Kuliner Tradisional dan Modern. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00