• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Gubernur Jatim Terpilih Usulkan Pembangunan Asrama Haji Di Kediri

23 July
14:03 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa mendesak Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno untuk segera mendirikan Asrama Haji. Tepatnya sebelum dilakukan peletakan batu pertama atau Ground Breaking Pembangunan Bandara Internasional Kediri pada bulan Maret 2019.

"Sebelum dimulainya ground breaking Bandara di Kediri, adalah waktu yang tepat untuk pendirian Asrama Haji tersebut," kata Gubernur Jatim Terpilih, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Tasyakuran Gubernur Dan Wakil Gubernur Jatim Terpilih, serta Pelepasan Jamaah Calon Haji/ JCH asal Kabupaten Kediri, di Graha Muslimat NU setempat, Senin (23/7/2018).

Dengan dibangunnya Asrama Haji ini, yakin dia, nantinya di Provinsi Jawa Timur bakal memiliki tiga embarkasi haji antara lain di Surabaya, Jember, dan juga Kediri.

Oleh karena itulah, ke depan keberadaan bandara Kediri ini juga sekaligus melayani untuk pemberangkatan jamaah calon haji maupun umroh. Misalnya saja bagi masyarakat dari wilayah Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, hingga Trenggalek.

Ditambahkan oleh Khofifah, bahwa realisasi bandara di Kediri ini juga sangat ideal dalam rangka mengurai kepadatan penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo.

"Apalagi bandara Kediri ini, juga akan dilengkapi dengan landasan pacu sepanjang 3.000 meter, yang diyakini cocok untuk pesawat berukuran besar, seperti halnya pesawat Airbus," katanya.

Dengan demikian, pihaknya menyarankan, agar Pemkab Kediri terus menambah sarana prasarana bagi pelajar SMK di area kerjanya. Hal tersebut seiring dampak keberlanjutan dari pembangunan Bandara Kediri, yang bakal menumbuhkan ekonomi daerah Kediri dan sekitarnya.

"Sudah saatnya sekarang juga masyarakat mempersiapkan diri dan meningkatkan kualitas SDM mereka. Jadilah Tuan Rumah di daerah ini, jangan sampai didahului oleh warga luar daerah," katanya.

Sementara itu, Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno melanjutkan, sesuai data Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, bahwa jumlah JCH asal Kabupaten Kediri pada tahun ini sebanyak 1.262 orang.

"Mereka akan diberangkatkan dari kantor Pemkab Kediri, pada tanggal 4 Agustus mendatang tepat pukul 07.00 WIB," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00