• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Mudik - Balik

H-1, Ribuan Pemudik Padati Terminal Tamanan Kota Kediri

14 June
17:19 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Ribuan pemudik dari berbagai daerah tampak memadati Terminal Tipe A, Tamanan Kota Kediri pada H-1 Lebaran 1439 Hijriah.

"Jelang satu hari Lebaran, jumlah pemudik di Terminal Tipe A Tamanan Kota Kediri mengalami peningkatan signifikan. Hal ini karena Kota Kediri merupakan daerah tujuan mudik oleh masyarakat di Jawa Timur," kata Masnun, Koordinator Satuan Pelayanan/ Korsatpel Terminal Tipe A Tamanan Kota Kediri, Kamis (14/6/2018).

Dia menjelaskan, kenaikan ini sudah tampak sejak H-7 Lebaran. Kemudian, mencapai tren puncak arus mudik pada H-3 Lebaran hingga saat ini.

"Apalagi di terminal ini, sudah berstatus Tipe A sehingga beragam jenis bus bisa melintas di kawasan ini, baik AKDP maupun AKAP," katanya.

Kalau pada hari normal, ungkap dia, jumlah penumpang di terminal ini mencapai 5.000 orang per hari. Namun kalau musim angkutan mudik, seperti sekarang jumlah mereka naik menjadi 6.000 orang per hari.

"Para pemudik ini datang dan pergi ke berbagai daerah. Namun, mayoritas masih di seputaran Jawa Timur," katanya.

Di sisi lain, tambah Masnun,  selama masa angkutan mudik dan arus balik dijamin para pemudik yang menggunakan armada bus, akan semakin nyaman selama perjalanan. Lantaran, semua pengemudi bus baik Antar Kota Dalam Provinsi/ AKDP hingga Antar Kota Antar Provinsi/ AKAP telah menjalani serangkaian uji fisik kendaraan, tes kesehatan, dan tes urine.

"Yang mana, setelah dilakukan tes bersama BNN Kota Kediri maka diketahui hasil tes semua sopir bus ini negatif menggunakan narkoba. Namun ada beberapa yang diketahui memakai obat, karena dia sedang menjalankan pengobatan penyakit jantungnya," katanya.

Di samping itu, Rani, salah satu pemudik asal Surabaya yang turun di Terminal Tamanan Kota Kediri, mengatakan, pihaknya bersama sejumlah keluarga bisa beristirahat di ruang rest area yang telah disiapkan, dengan nyaman, dan bersih. Apalagi, tempatnya tidak terkena langsung oleh teriknya sinar matahari.

"Terminal ini dilengkapi dengan sarana toilet yang memadai, dan ditunjang oleh keberadaan penjual aneka oleh-oleh khas Kediri," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00