• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Mudik - Balik

Antisipasi Kemacetan, Polres Kediri Kota Imbau Umat Muslim Takbir Di Masjid

13 June
19:11 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Untuk mengantisipasi meningkatnya arus kemacetan jelang Lebaran, Polres Kediri Kota mengimbau umat muslim untuk tidak melakukan takbir keliling.

"Mereka bisa menggelar takbir di masjid dekat rumahnya atau di sekitar kampung. Jangan sampai ke luar kampung, karena saat ini situasi arus lalu - lintas di Kediri padat," kata Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi, saat ditemui di Kediri, Rabu (13/6/2018).

Dia menjelaskan, seperti tren tahun sebelumnya, pada Lebaran tahun ini Kota Kediri sebagai daerah tujuan mudik dari berbagai daerah. Misalnya saja dari luar Kota Kediri hingga luar Pulau Jawa.

"Hal ini terlihat, dari kepadatan arus lalu - lintas oleh berbagai kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Banyuwangi, hingga dari Kalimantan dan Bali," ujarnya.

Disebutkan oleh Anthon, masyarakat yang memadati arus lalu - lintas tersebut umumnya tampak di beragam sentra perbelanjaan di Kota Kediri. Mereka adalah, masyarakat yang ingin bernostalgia, karena dulunya sering berbelanja di kawasan itu.

"Misalnya saja, di Jalan Dhoho, Ramayana, Kediri Town Square, Jalan Pattimura, hingga di Jalan Brawijaya Kota Kediri," katanya.

Sementara, di lokasi lain,  tampak ratusan masyarakat memadati Pasar Warujayeng,  Kabupaten Nganjuk. Kondisi ini karena mereka ingin membeli berbagai kebutuhan untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Maryati, salah satu pembeli di Pasar Warujayeng, Kabupaten Nganjuk, dia mengaku, sengaja datang ke kawasan ini guna mencari sejumlah aneka camilan dan kue Lebaran. Selain itu, dia juga membeli berbagai pakaian muslim untuk Lebaran.

"Harganya relatif terjangkau dibandingkan di pasar lain,  lantaran ada banyak pedagang di sini yang mendatangkan barangnya langsung dari sentra penjualan pakaian. Biasanya mereka pulakan di Tanah Abang, Jakarta," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00