• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Mudik - Balik

Operasi Gabungan, BNN Kota Kediri Temukan Sopir Bus Penderita Penyakit Jantung

10 June
19:49 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri bersama tim gabungan menemukan seorang sopir bus penderita penyakit jantung, saat menggelar pemeriksaan kelayakan jalan dan tes urine di Terminal Tipe A Tamanan, Kota Kediri, Jawa Timur.

"Upaya screening test bersama RS Bhayangkara Kediri dan petugas terkait ini, tujuannya untuk mengamankan kelancaran dan kenyamanan pemudik Lebaran 1439 Hijriah," kata Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Kediri, Kompol DN.Indrawati, saat mengikuti Operasi Gabungan Kelayakan Jalan dan Tes Urine kepada pengemudi bus, di Terminal Tipe A Tamanan, Kota Kediri, Minggu (10/6/2018).

Indrawati menjelaskan, dalam operasi gabungan tersebut ditargetkan ada 100 pengemudi bus yang menjalani tes urine. Dari sejumlah tersebut, saat berlangsungnya tes ditemukan seorang pengemudi yang menggunakan obat penenang.

"Hal ini diketahui, dari parameter yang ada, ternyata ditemukan kandungan positif di kategori BZO atau mengandung obat penenang," ujarnya.

Namun, tambah dia, setelah diperiksa oleh dokter BNN Kota Kediri, yakni dr. Slamet, diketahui bahwa si sopir ini punya riwayat penyakit jantung. Sementara, obat penenang ini memang sudah disarankan oleh dokternya.

"Jadi si sopir ini sebetulnya punya riwayat penyakit jantung. Nah sebelum masuk ke Terminal Tamanan Kota Kediri, dia mengonsumsi obatnya, dan setibanya di terminal ini terpaksa harus dites urine sehingga diketahui positif, tapi positif palsu," katanya.

Menanggapi hal ini, Dokter BNN Kota Kediri, dr. Slamet, menguraikan, bahwa positif itu belum tentu pengguna narkoba. Akan tetapi, harus ditelaah lebih dulu temuan tersebut.

"Seperti sopir yang ditemukan menderita penyakit jantung. Meski saat dites urine positif, tapi positif palsu karena dia bukan penyalah guna narkoba, melainkan orang yang lagi terapi pengobatan," katanya.

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, maka si sopir penderita penyakit jantung tersebut hanya diberikan pemeriksaan kesehatan di tempat. Kemudian, yang bersangkutan diberikan sejumlah obat untuk kesembuhan penyakitnya.

Sebagai informasi, pada agenda operasi gabungan antara BNN Kota Kediri, Polres Kediri Kota, RS Bhayangkara Kediri, Jasa Raharja Kediri, terlihat sejumlah sopir bus dari berbagai usia menjalani pemeriksaan kelengkapan surat, fisik bus, dan kesehatan si pengemudi. Mereka terdiri dari para sopir Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan juga Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00