• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pernik Ramadhan

Menikmati Sensasi 'Kriuk' Dari Kerenyahan Jamur Enoki Kediri

9 June
20:19 2018
1 Votes (5)

RRI, Kediri: Bulan penuh berkah Ramadan, merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki kondisi tubuh setiap umat muslim. Salah satunya, dengan meningkatkan asupan gizi terbaik bagi tubuh.

Untuk mendapatkan kandungan gizi tersebut, ada baiknya mencoba menikmati sensasi 'kriuk' dari kerenyahan olahan jamur enoki, yang diolah pengusaha kuliner asal Kabupaten Kediri.

Penggagas menu jamur enoki dan pemilik Cafe Fresco, di Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Kediri, Fundhi Budi Asri Sulistyorini, menyampaikan, latar belakang dikenalkannya menu baru pada bulan Ramadan ini tercetus dari kegemarannya memasak di rumah.

"Awalnya, saya sedang masak untuk suami dan anak di rumah. Saat itu, saya masak aneka sayur, tapi sang suami menyarankan untuk masak sesuatu yang renyah, ya akhirnya jamur enoki jadi pilihan," kata Fundhi Budi Asri Sulistyorini, saat ditemui di gerainya, di Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Kediri, Sabtu (9/6/2018).

Mengenai bumbu yang dipadukan, perempuan penuh inovasi ini mengaku, hanya memadukan berbagai bumbu dan rempah-rempah lokal. Kemudian menambahkan tepung khusus, dan setelah semuanya tercampur maka diolah dengan cara digoreng.

"Alhamdulillah, olahan jamur enoki ini mendapatkan apresiasi positif dari sang suami dan anak saya. Selain rasanya enak, gurih, ternyata cocok dicocol dengan sambal," katanya.

Dari kreativitasnya inilah, sang suami berinisiatif mengenalkan menu jamur enoki tersebut di cafe miliknya. Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, berhasil menuai antusias para konsumen.

"Umumnya, penggemar jamur enoki ini adalah kalangan muda-mudi asal Kediri dan sekitarnya. Apalagi, dalam satu paket menu ini kami tawarkan dengan harga terjangkau dan sangat sesuai sebagai teman berbuka puasa Ramadan," katanya.

Terkait bahan baku jamur enoki, lanjut Fundhi, di Kediri memang belum ada petani yang membudidayakannya. Lantaran, jamur enoki tersebut harus ditanam di area dengan suhu sekitar 15 derajat Celcius. Sementara di Kediri, kondisi suhu udaranya belum memungkinkan.

"Untuk itulah, selama ini kami berupaya mendatangi beberapa gerai ritel modern di Surabaya, karena stok yang dibutuhkan sangat banyak," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00