• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Total Quality Wajibkan Karyawan Muslimnya Berhaji

1 June
09:40 2018
1 Votes (4)

KBRN, Surabaya : Ibadah haji keinginan setiap muslim. Bahkan untuk mewujudkan itu, tidak jarang rela menabung untuk dapat menuju Baitullah. Namun bagaimana jadi nya jika seruan menjalankan rukun Islam itu datang dari seorang Nasrani yang mewajibkan karyawannya beragama Islam berhaji.

Adalah Johan Yan, yang mempunyai gagasan itu. Dalam program "Naik Haji Gratis Karyawan Muslim", Direktur Utama perusahaan motivasi PT Total Quality itu ingin pekerjanya selain fokus dalam bekerja namun juga ibadah.

"Ini panggilan Allah dan saya harus membantu mereka," kata Johan Yan dikonfirmasi RRI, Jum'at (1/6/2018).

Pria yang juga penggas Museum Mahanandi Surabaya itu menambahkan apa yang dilakukan ini sebagai bentuk kedekatan antara pimpinan dan karyawan. Bagi Johan Yan masalah ibadah adalah kewajiban, apalagi jika mengaku secara pribadi melihat kegigihan karyawannya saat shalat lima waktu disela-sela kerja, sehingga membahagiakan karyawannya berhaji menjadi pemikirannya.

"Khusus program haji gratis itu, PT Total Quality memprioritaskan pada karyawan yang sudah lima tahun mengabdi di perusahaan. Program haji gratis ini sudah lama digagas, baru bisa terealisasi dan didaftarkan," tambahnya.

Untuk tahun ini terdapat 8 karyawan yang sudah didaftarkan untuk berhaji. Nantinya semua akan digilir. Di gelombang pertama pendaftaran haji juga terdapat seorang yang sudah bukan karyawan karena menjadi PNS, namun diberi apresiasi karena termasuk karyawan pertama.

"Total Quality memiliki sekitar 35 karyawan Muslim, baik di Surabaya maupun Jakarta, tapi tahun ini sudah didaftarkan haji untuk delapan karyawan Muslim yang sudah lima tahun lebih bekerja, sedangkan lainnya akan didaftarkan bergiliran," katanya.

Sementara itu program haji gratis ini diapresiasi karyawan muslim. Meski Johan Yan seorang non muslim namun ia tidak melihat golongan maupun agama semua sama,"Yang jelas, kami bersyukur dan tidak menyangka mendapat apresiasi seperti itu, apalagi sebagian diberitahu secara mendadak oleh Pak Yan. Bagi kami, beribadah haji merupakan mimpi yang bisa terkabul berkat Pak Yan," terang Hafidz Setia Putra salah seorang karyawan.

"Kebetulan, sekretaris dan beberapa karyawan yang setiap hari melayani beliau adalah Muslim dan mereka sering shalat di pojok ruangan Pak Yan, bahkan kami sering mengadakan pengajian pada setiap siang hari atau jam istirahat saat puasa dan Pak Yan sering nimbrung dalam acara pengajian itu," imbuhnya.

Selain program haji gratis, dalam kesempatan ini juga diluncurkan program zakat karyawan PT Total Quality yang diserahkan pada sejumlah masjid di Kota Pahlawan Surabaya. (bn)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00