• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pernik Ramadhan

600 Murid SD Limas Surabaya Praktek Sholat Ied

28 May
09:59 2018
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya: Bulan Ramadhan merupakan bulan kebaikan bagi umat Islam. Selama bulan Ramadhan, umat muslim berbondong-bondong melakukan kebaikan karena balasan yang diterima berkali-kali lipat. Selain mengisi bulan Suci ini dengan memperbanyak amal ibadah, banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan. Seperti 600 siswa siswi SD Muhammadiyah 15 Surabaya yang mendapat pembinaan tentang sholat hari raya. 

Dengan dibantu oleh seluruh guru, semua siswa bersama-sama dalam kegiatan yang bertujuan agar anak-anak mengerti tentang sholat hari raya 1 Syawal.

Praktek sholat Hari raya atau Sholat Ied dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, bertempat di halaman SD Limas, siswa putri membawa mukena dan sajadah. Sehingga hari itu semua siswa kompak dengan busana muslimnya, dan siap mengikuti kegiatan pembinaan sholat hari raya.

Guru Pembina Asyfatus Zuhro mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak sedari dini tata cara Sholat Ied yang baik dan benar agar pada saat hari raya Idul Fitri mendatang, anak-amak sudah tahu. 

"Kegiatan ini sebagai pembelajaran bagi anak-anak dan supaya anak-anak mengetahui tata cara Sholat Ied secara berjamaah."kata Asyfatus Zuhro, Senin, (28/5/2018).

Selain diajarkan tata cara sholat Ied berjamaah, siswa siswi juga diberikan pemahaman terkait bahaya terorisme.

"Kita tahu bahwa akhir-akhir ini marak kejadian bom bunuh diri. Jangan sampai ini menjadi preseden buruk bagi mereka." lanjutnya.

Raffa Arrasyi Widyarta siswa Kelas IV yang bertindak sebagai Khatib mengaku, tidak ada persiapan khusus untuk menjadi Khatib. Menurutnya, selama ini Ia sudah belajar  sedikit-sedikit. Dengan adanya praktek sholat Ied ini kata Raffa, melatih agar terbiasa.

"Tidak ada persiapan khusus, soalnya tadi dadakan ditunjuk langsung disuruh jadi Khatib. Senang, supaya Kita tidak kaget dan jadi terbiasa dalam Sholat Ied atau ibadah-ibadah lainnya."kata Raffa.

Sementara itu, Farrel Reyhansyah Arfianto, siswa Kelas V menyebut, meski mendadak ditunjuk menjadi imam sholat Ied, ia mengaku sudah siap.

"Malu juga sih, tapi aku sudah siap. Ya juga aku terus belajar sambil hafal - hafal surahnya. Selama ini Kita diajarkan untuk menyiapkan kepercayaan diri, mentalnya juga supaya tidak malu."ungkap Farrel.(EJ)

  • Tentang Penulis

    Ermina Jaen

    Editor Siaran RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00