• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pernik Ramadhan

Ramadan, Pengrajin Tenun Ikat Kediri Kebanjiran Pesanan

24 May
20:23 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Sejumlah pengrajin kain tenun ikat khas Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri kebanjiran pesanan selama bulan Ramadan 1439 Hijriah. Hal ini karena banyaknya permintaan pasar seiring besarnya minat mereka menjadikan kain tenun ikat untuk dipakai Lebaran mendatang.

"Pembeli yang datang memesan dari berbagai kalangan. Mereka, ada yang order partai besar hingga satuan," kata salah satu pengrajin kain tenun ikat khas Bandar Kidul, Siti Ruqoyah, di Kota Kediri, Kamis (24/5/2018).

Menurut dia, produk yang paling banyak diminati pembeli di antaranya berupa kain tenun ikat, sarung, hingga pakaian jadi. Para konsumen ini berasal dari berbagai daerah di dalam maupun luar Kota Kediri.

"Jika pada hari normal kami sanggup produksi hingga 60 potong, kalau Ramadan tahun ini jumlah produksinya naik jadi 70-80 potong kain per hari," ujarnya.

Ditambahkan pula oleh Siti Ruqoyah, dengan banyaknya permintaan pasar maka pihaknya sampai menambah jam operasional karyawannya. Apalagi, hingga sekarang dia dibantu dengan sekitar 98 pekerja.

Dia menyampaikan, puluhan pekerja ini mayoritas adalah warga sekitar di daerahnya. Mereka berasal dari segala usia dan latar belakang sosial yang berbeda.

"Dulu ada pekerja yang notabene pengangguran dan tidak punya keahlian, tapi saya latih sampai dia memiliki kemampuan. Misalnya memintal benang, menenun, serta mencelup warna kain," katanya.

Alhasil, lanjut dia, dengan berbagai bekal yang diperoleh selama ini, kompetensi para tenaga kerja yang umumnya kaum hawa tersebut semakin mempunyai daya saing. Bahkan mereka bisa membantu meringankan beban ekonomi keluarganya.

"Alhamdulillah, dengan makin bertambahnya kapasitas produksi hingga 40 persen selama Ramadan ini, saya berharap bisa meningkatkan penghasilan para pekerja di sini," katanya. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00