• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pernik Ramadhan

Tradisi Nyekar, Tren Masyarakat Kediri Kala Ramadhan

17 May
19:01 2018
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Tradisi nyekar atau berziarah bagi masyarakat Jawa, termasuk masyarakat Kediri dan sekitarnya masih menjadi tren tersendiri pada era milenial seperti sekarang. Khususnya dalam Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah.

Dalam bahasa Jawa, 'nyekar' berasal dari kata sekar yang berarti bunga. Yang mana  intinya adalah berziarah kubur, dan kirim doa untuk leluhur.

Agenda ini, biasanya diiringi menabur bunga di atas makam oleh para peziarah. Kemudian baru membacakan doa, dan surat penting dalam Al Quran. Seperti Surat Yasin, Ayat Kursiy, Al Fatihah, Al Ikhlas, dan doa lainnya.

Kondisi ini juga dilakukan oleh Sriamah, ibu rumah tangga asal Desa Blimbing, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Kamis (17/5/2018).

"Saya seringkali berziarah ke pemakaman umum dekat rumah. Terutama pada malam Jumat, Bulan Ramadhan, hingga jelang Lebaran," kata Sriamah, salah satu peziarah, di pemakaman umum Desa Blimbing, Kabupaten Kediri, Kamis (17/5/2018).

Prosesi ini, dilakoni perempuan setengah baya ini sejak lama. Hal ini karena ada banyak leluhur yang dimakamkan di areal tersebut. Terlebih lagi sepeninggal suami tercintanya pada tahun 2014 lalu.

"Untuk Ramadhan kali ini, saya juga mengajak sejumlah anak dan cucunya saat berziarah.  Dengan harapan, para leluhur dan keluarga yang sudah meninggal, juga bisa ikut merasakan nuansa Bulan Suci Ramadhan," katanya.

Di sisi lain, momentum berziarah ini menjadi berkah untuk sebagian masyarakat.  Khususnya bagi mereka, yang tiba-tiba beralih profesi sebagai tukang parkir dadakan di depan areal pemakaman.

Dalam satu hari, sejumlah petugas parkir ini bisa mendapatkan rejeki tersendiri dari berkah Ramadhan. Namun, umumnya tingkat kunjungan peziarah paling ramai saat H-3 hingga H-1 Bulan Ramadhan. Selain itu, pada H-1 Lebaran juga terlihat banyak masyarakat yang memadati kompleks pemakaman untuk berziarah. (ac)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00