• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

34 Jamaah Calon Haji KBIH Lantamal V Siap Laksanakan Rukun Islam kelima

9 August
16:01 2017
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : 34 jamaah haji KBIH Lantamal V, secara resmi diberangkatkan Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, di Gedung Serba Guna Mako Lantamal V, Rabu (9/8/2017).

Ke 34 jamaah haji KBIH Lantamal V tersebut terdiri dari empat orang anggota TNI AL aktif, dan 30 orang lainnya adalah keluarga besar TNI AL. Mereka tergabung dalam kloter 40 embarkasi Juanda Surabaya menuju ke tanah suci guna menunaikan rukun islam yang kelima.
 
Sebagai pembimbing dari KBIH Lantamal V yaitu Kolonel Laut (KH) Abu Dzahrin (Koarmatim). Sedangkan anggota TNI AL yang tertua dalam pelaksanaan ibadah haji KBIH Lantamal V adalah Kolonel Laut Supriyanto (Kodiklatal).

"Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita dapat hadir pada acara pemberangkatan calon jamaah haji TNI AL beserta keluaga KBIH Lantamal V," kata Wadan, Rabu (9/8/2017).

Menunaikan ibadah haji ke tanah suci lanjutnya, merupakan ibadah yang mulia, dan merupakan rukun islam yang ke lima. Seluruh kaum muslimin tergugah dan berlomba untuk menunaikan ibadah haji, meski harus berkorban harta, waktu, tenaga, dan berpisah dengan keluarga, demi menunaikan ibadah yang mulia tersebut. 

"Oleh karena itu, semangat beribadah yang tinggi ini senantiasa dipertahankan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari setelah berhaji," terangnya.

Menurutnya, bagi umat islam menunaikan ibadah haji satu kali seumur hidup hukumnya wajib bagi yang mampu. 

"Untuk itu bagi bapak dan ibu calon jamaah haji TNI AL maupun keluarga besar TNI AL yang pada tahun 2017 ini telah memenuhi persyaratan serta memperoleh kesempatan menunaikan ibadah haji patut bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, karena atas kehendak-Nyalah bapak dan  ibu diberikan kehormatan untuk beribadah ke Baitullah," tegasnya. 

Dijelaskannya, banyak hikmah yang akan dipetik dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci mekkah. Antara lain, kedudukan manusia sama, karena Allah Subhanahu Wata’ala memberi kedudukan untuk seseorang bukan karena keturunan atau status sosialnya, tapi karena kedekatannya kepada sang pencipta.

"Dengan keberangkatan calon jamaah haji ini saya berharap hendaknya bapak dan ibu sekalian menjadi muslim yang lebih lurus menjalani hudup ini dibanding sebelumnya melaksanakan haji," jelasnya. 

Menurutnya, apabila hal itu dapat diwujudkan, calon jamaah haji akan memperoleh predikat haji mabrur, haji yang sangat diidamkan bagi siapa saja yang menjalankannya. "Yaitu yang diterima dan diridhoi oleh allah subhanahu wata’ala," tutupnya.  (Anik) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00