• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Mahasiswa UKWM Ciptakan Pasta Gigi Dari Apel Hijau

19 July
11:53 2017
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Terinspirasi dari pengalaman makan apel hijau yang meninggalkan perasaan kesat di gigi, Luh Putu Widiasih Wijayanti Tusan mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) tertarik membuat inovasi pasta gigi dengan bahan baku buah khas kota Malang tersebut. 

"Ternyata, apel punya khasiat antibakteri Streptococcus mutans penyebab plak gigi yang bila tidak diatasi segera akan menimbulkan karies. Mengkonsumsi apel Malang secara rutin bisa membantu kita mencegah karies, tapi buah apel sendiri kan banyak mengandung gula dan zat lainnya, sehingga ada kemungkinan manfaatnya tidak bisa kita rasakan secara langsung," uiar Widia-sapaan akrabnya yang menamai produk inovasinya sebagai Apple Dyne, Rabu (19/7/2017).

Berfokus pemanfaatan zat aktif katekin yang banyak terdapat di kulit dan daging buah Apel Malang, Widia pun memilih bentuk pasta gigi berbasis gel opaque/ buram sebagai topik penelitian skripsinya. Bentuk pasta gigi dipilih karena merupakan tipe perawatan gigi paling sederhana dan umum dikenal oleh masyarakat. 

Agar nyaman dan tidak memicu iritasi, gadis kelahiran Surabaya ini menggunakan campuran bahan Cocamidopropyl betaine yang terbukti aman meskipun daya busa yang dihasilkan relatif sedikit.

Kelebihan Apple dyne dibandingkan pasta gigi yang sudah ada di pasaran antara lain adalah lebih alami karena menggunakan bahan alam, selain itu resiko iritasi akibat penggunaan rutin juga lebih sedikit. 

"Niscaya bila menggunakan pasta gigi buatan saya ini, orang tidak akan mudah terkena sariawan," seloroh Widia. 

Guna menuntaskan penelitiannya, Widia membutuhkan waktu selama enam bulan dengan bimbingan dari Farida Lanawati Darsono, S.Si., M.Sc dan Martha Ervina, S.Si., M.Si., Apt. Kesulitan juga turut dialami Widia.

”Saat proses pengolahan buah apel sangat mudah teroksidasi sehingga saat diolah menjadi pasta gigi warnanya kurang cantik dan khasiatnya jadi hilang,” pungkas Widia yang tetap gigih untuk memanfaatkan bahan alam bercita rasa asam tersebut secara maksimal.

Menggabungkan minat penelitian kosmetika dan teknologi bahan alam, Widia berharap inovasinya ini dapat dipublikasikan di jurnal International. Jika dibandingkan dengan produk peneliti terdahulu, Widia berhasil membuat formulasi pasta gigi yang lebih memenuhi syarat uji. Apple dyne bertekstur lembut, licin sehingga mudah dikeluarkan dari tubenya dan menimbulkan rasa kesat di gigi. 

"Saya berencana mengurus paten juga, agar produk ini bisa diproduksi secara massal dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas,” jelas mahasiswi kelahiran tahun 1995. Dan penelitian ini tidak menghasilkan limbah sama sekali karena buah dimanfaatkan secara utuh dari kulit hingga bijinya. (Anik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00