• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pernik Idul Fitri

Omzet Produsen Jajanan Opak Gambir Kediri Naik Signifikan Selama Lebaran

27 June
13:52 2017
0 Votes (0)

RRI, Kediri: Sejumlah produsen jajanan Opak Gambir khas Kediri menuai berkah Lebaran 1438 Hijriah. Penyebabnya, omzet mereka meningkat signifikan pada momentum besar keagamaan tersebut.

"Lebaran tahun ini, pesanan kue olahan kami memang meningkat drastis," kata salah satu Produsen Opak Gambir di Kabupaten Kediri, Marni, Selasa (27/6/2017).

Dia menjelaskan, pada lebaran tahun ini bahan baku tepung yang diolahnya semakin meningkat antara tiga hingga empat kali lipat. Jika pada hari normal menghabiskan 10-15 Kilogram tepung, maka pada lebaran ini tepung yang dibutuhkannya meningkat hingga 50-60 Kilogram per hari.

"Penambahan bahan baku ini, demi memenuhi pesanan konsumen selama lebaran," ujarnya.

Walaupun jumlah pelanggan makin bertambah, dia mengaku, tidak menaikkan harga jual produknya. Selama memenuhi pesanan untuk lebaran dan hari normal, harganya tetap Rp25.000 per Kilogram.

"Meski demikian, untuk menjaga kepercayaan konsumen maka kami sampai menambah jam produksi. Bahkan, kami juga merekrut karyawan baru sehingga pesanan Opak Gambir ini bisa dikirim tepat waktu," katanya.

Sementara itu, salah satu pembeli Opak Gambir di Kediri, Esti Maryati menambahkan, sengaja membeli Opak Gambir dalam jumlah banyak pada Lebaran tahun ini. Hal itu dilakukan karena penganan renyah dan gurih tersebut akan dijadikan buah tangan kepada sejumlah kerabatnya.

"Selain harganya terjangkau, kami membeli makanan ini karena rasanya yang khas dari buatan tangan warga asli Kediri. Ada pula tambahan isi wijen yang menambah gurih rasanya," katanya.

Dia berharap, produsen Opak Gambir di daerah ini semakin mendapat perhatian dari Pemda setempat. Dengan begitu, usaha kalangan UKM itu dapat berkembang pesat dan memiliki perluasan pasar pada masa mendatang.

"Bahkan, ke depan Opak Gambir ini juga bisa menumbuhkan perekonomian bagi masyarakat Kediri," katanya. (ac/rpp)

  • Tentang Penulis

    Ayu Citra Sukma Rahayu

    Reporter SP RRI Kediri

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00