• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Mahasiswa Untag Ciptakan Bio Gas Dalam Tabung LPG

24 February
15:09 2017
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Alat Kerja Pengemas Gas Bio ke dalam Tabung Melon LPG, berhasil diciptakan Samsuri mahasiswa Teknik Industri Untag Surabaya. Ini dinilai sebuah teknologi tepat guna baik dari segi keamanan, kenyamanan, dan ekonomis. 

Mohammad Samsuri mengatakan Bio gas sebagai sumber energi alternativ terbarukan mempunyai prospek ke depan yang sangat baik. 

"Membuat biogas tidak memerlukan teknologi tinggi dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Karenanya reaktor bio gas sudah banyak dibuat secara mandiri oleh masyarakat luas," ungkap mahasiswa Teknik Industri tersebut, Jum'at (24/2/2017).

Ia menyebut cara kerja pompa gas bio ini mirip dengan pompa sepeda motor yang manual. Pompa mempunyai dua selang/pipa penyalur. Pertama selang untuk menyalurkan gas bio ke dalam pompa dan yang kedua selang untuk menyalurkan gas bio ke tabung melon. 

Setelah selang pertama disambungkan ke reaktor gas bio dan yang kedua ke tabung melon pompa siap dioperasikan. Dengan sekitar 100 sampai dengan 120 kali pemompaan tabung melon sudah terisi penuh gas bio dan siap dipakai sebagaimana biasanya.

Ir. Asmungi, MT selaku dosen pembimbing mengatakan sejauh ini sudah banyak upaya  pengemasan yang telah dilakukan masyarakat mulai dari yang sangat sederhana hingga yang rumit. 

"Seperti mengemas gas bio ke dalam ban mobil, mengemas gas bio ke dalam kantong plastik, mengemas gas bio kedalam tabung-tabung besi dengan kompresor dan mengemas ke dalam pipa dan langsung didisribusikan ke rumah-rumah, merupakan terobosan berisiko dan biaya masih cukup mahal, " urainya. 

Pengemas gas bio ke dalam tabung melon secara ergonomis dengan demikian luarannya adalah sebuah teknologi tepat guna yang secara ergonomis nyaman  dan aman digunakan oleh masyarakat luas. (Benz/RPP)

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00