• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Kloter I Debarkasi Surabaya Aman dari Virus Menular

18 September
18:03 2016
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya - Sebanyak 446 jamaah haji kloter I debarkasi Surabaya tiba ditanah air. Menggunakan Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5640, jamaah asal Kabupaten Sumenep tersebut tiba dengan selamat.

Kepala Bidang PenyelenggaraanHaji dan Umrah ( PHU) Kantor Wilayah Kemenag Jatim M. Syakur menjelaskan setelah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya para jamaah akan menjalani serangkaian pemeriksaan untuk kemudian akan dipulangkan ke kampung halaman.

Menurut Sakur serangkaian pemeriksaan yang dilakukan itu diantaranya baik itu terkait kesehatan dan dokumen. Untuk test kesehatan di tambahkan Syakur dilakukan dua kali, yang pertama di Bandara Juanda dan yang kedua di Asrama Haji Sukolilo. Hal itu terangnya sebagai antisipatif kemungkinan jamaah haji terserang virus menular seperti halnya MERS CoV.

"Ya, sesuai SOP, pemeriksaan dokumen, kesehatan jamaah, apakah membawa penyakit menular atau tidak. Mereka ketika masuk apabila membawa penyakit maka dideteksi dengan termo scaner. Yang tidak sehat maka scaner akan bunyi, kalau tidak Alhamdulillah, tapi sementara ini aman," ungkap Syakur disela pemulangan Jamaah haji kloter I di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Minggu (18/9/2016).

Kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB 1), terbang pukul 18.30 WAS menggunakan Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5640.

Untuk jumlah Jemaah kloter 1, semula berjumlah 445 orang. Namun, kloter 1 kemudian mendapatkan mutasi kloter berjumlah 3 orang. Untuk Jamaah Haji yang meninggal berjumlah 1 orang, dan satu orang lagi masih dirawat di RS. Sehingga jumlah Jemaah Haji kloter 1 yang kembali pulang berjumlah 446 orang.

"Total jamaah haji asal Jatim yang meninggal berjumlah 35," pungkas Syakur. (BENZ/RPP)

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00