• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Waspada Zika, Pemerintah Arab Saudi diminta Deteksi Dini Jamaah Haji

5 September
19:29 2016
0 Votes (0)

RRI Surabaya : Meski belum terdeteksi akan kehadiran virus Zika, Dinas Kesehatan Jawa Timur tengah mengantisipasi kepulangan jamaah haji.

Menurut Dr dr Kohar Hari Santoso Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur kewaspadaan perlu ditingkatkan. Selain pemeriksaan di Bandara King Abdul Azis. Cek kesehatan jamaah haji ketika tiba di tanah air juga dilakukan.

"Waspada harus tetap dilakukan, bukan mustahil ada jamaah haji dari Singapura jugakan. Di Saudi Arabia tentunya mereka memperhatikan jamaah haji dadi Singapura akan diseleksi agar tidak menjadi sumber bagi jamaah lainnya," ungkap Kohar Hari Santoso kepad rri.co.id, Senin (5/9/2016).

Di bandara Juanda Surabaya kata Kohar juga telah disiapkan alat penedeteksi suhu tubuh. Jika ada yang terjangkit, maka akan dimasukan ke fasilitas kesehatan. Virus ini diduga yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala lebih kecil dari ukuran normal (mikrosefali). 

"Semua penumpang kan dilewatkan Thermal Scaner, jadi dibandara sangat selektif," urainya.

Ia melanjutkan seluruh rumah sakit Pemprov Jatim juga sangat siap jika ada pasien di wilayahnya yang terjangkit virus zika karena telah sudah dilengkapi ruang isolasi.

Kasus kematian akibat virus Zika jarang terjadi dan hanya satu dari lima orang yang diduga terpapar menunjukkan gejala-gejalanya, antara lain. Demam ringan, Mata merah dan iritasi, Sakit kepala, Sakit pada persendian, dan Ruam.

Sejauh ini belum ada vaksin atau pengobatan yang bisa menyembuhkan virus Zika sehingga pasien yang terpapar dianjurkan beristirahat dan minum banyak cairan. Akan tetapi, kekhawatiran terbesar adalah imbas virus Zika terhadap janin di kandungan lantaran bisa menyebabkan pengecilan otak. (Benny/Dinie)

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00