• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Tiga Hal Yang Harus Siap Bagi Calon Jamaah Haji

24 August
15:11 2016
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Tiga hal yang harus dipersiapkan oleh jamaah calon haji, sebelum mereka berangkat ibadah haji. Masing masing kesiapan fisik, yakni kesehatan, kesiapan harta, yakni biaya, dan kesiapan spiritual, yakni tata cara rukun yang dilakukan selama prosesi ibadah. Hal itu disampaikan Sri Astutik, Dosen Psikologi Komunikasi Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

"Maka nawaitunya harus mantab. Nah nawaitunya mantab itu kan ditunjang betul betul kesana itu bukan untuk sembarangan. Nah untuk itu bagaimana kita melaksanakan tugas maksimal dan menjadi haji mabrur," katanya, Rabu (24/6/2016).

Dosen yang sekaligus tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 39 asal Gresik ini menjelaskan, ketika sudah memasuki asrama haji, dan menjadi salah satu jamaah yang akan berangkat ke tanah suci, kesiapan kesehatan mutlak diperlukan. Semangat beribadah dikatakannya pasti akan muncul, namun menjaga diri juga menjadi faktor penunjang ibadah.

"Menjaga dirilah, mengatur diri, memanaj diri bagaimana. Ya ibadah pada musimnya saya pernah merasakan, kalau sudah ibadah, itu kayaknya semangat, ya sudah. Tapi tetap petunjuk dokter, kalau minum obat ya minum obat," jelasnya.

Sementara itu, pada hari ini Rabu (24/8/2016) sebanyak 3 kloter masuk ke asrama haji Sukolelo Surabaya. Masing masing kloter 38 dan 39 merupakan jamaah asal Gresik, kemudian kloter 40 merupakan jamaah asal Gresik, Kota Mojokerto, Jombang dan Surabaya. (Anik/Dinie)

  • Tentang Penulis

    Anik Hasanah

    Reporter RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00