• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Jamaah Calon Haji Asal Indonesia Dibekali Obat, Masker dan Spray

12 August
14:48 2016
0 Votes (0)

RRI Surabaya : Panitia Pelaksana Ibadah Haji - PPIH Embarkasi Surabaya, membagikan sejumlah perlengkapan untuk mengantisipasi cuaca ekstrim yang saat ini sedang terjadi di Tanah Suci. Beberapa perlengkapan tersebut antara lain, obat obatan dasar, segebok masker, serta yang menjadi perhatian adalah botol semprot.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya - H.M Maskur menjelaskan, saat ini cuaca yang ada di Arab Saudi mencapai 50`C, sehingga pihaknya senantiasa memberikan himbauan kepada jamaah untuk selalu minum air putih, meskipun tidak haus. Serta memberikan spray yang diisi air setiap saat untuk melembabkan tubuh.

"Kita bekalai spray itu nanti disana diisi air, terus disemprotkan, mungkin di kepala terus kisaran mana mana yang sekiranya memang perlu dilindungi. Kemudian perbanyak minum air zam zam, jadi gak usah minum minuman kemasan yang manis, hindari itu," jelasnya, Jumat (12/8/2016).

Sementara itu, Muhammad Suyatno salah satu jamaah dari kloter 9 asal Banyuwangi ini mengerti terhadap penjelasan terkait pemanfaatan spray tersebut. Selain itu, para jamaah juga dihimbau untuk menghindari hal hal yang menyebabkan datangnya penyakit, seperti berdekatan dengan hewan yang rentan terhadap virus.

"Kalau spray begini, karena panas, bisa dispray kepada wajah sama rambut, menghindari dehidrasi. Tadi termasuk keterangan tentang virus virus binatang disana terutama Unta. Jadi kita diharapkan untuk menghindari foto bersama binatang yang rentan terkena virus," kata Suyatno.

Sementara itu, hari ini Jumat (12/8/2016) ada tiga kloter yang sudah memasuki asrama haji Sukolilo Surabaya. Masing masing kloter 8m jamaah asal Magetan, Kota Madiun dan Kota Surabaya. Kemudian kloter 9 dan 10 merupakan jamaah asal Kabupaten Banyuwangi. (Anik/Dinie)

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00