• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

Industri Ini Kelolah Limbah B3 Jadi Barang Bernilai Ekonomis

26 June
12:53 2016
0 Votes (0)

RRI, Surabaya : Sejumlah Kota Kabupaten di Jawa Timur menjadi salah satu lokasi strategis industri, tak pelak limbah yang dihasilkan juga cukup banyak, tak terkecuali limbah bahan beracun dan berbahaya (B3).


Namun di Jatim, tepatnya di kawasan Mojokerto, terdapat salah satu industri pengelolaan limbah B3 tersebut yang diperoleh dari berbagai sampah atau kotoran yang dihasilkan industri maupun medis. Industri ini, tidak langsung membuang limbah atau menghancurkannya, justru dimanfaatkan menjadi barang bernilai ekonomis.

Christine Dwi Ariani - Manager Business Development PT Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA) menjelaskan, pihaknya akan memilah milah limbah yang masuk berdasarkan manifest yang telah dicatat saat limbah dikirim dari industri asal, apakah golongan limbah padat atau cair.

"Kalau masuknya limbah padat, dia golongan yang keramik base atau semen base. Kalau keramik base masuknya di bata merah, kalau semen base masuknya di batako," jelasnya, Minggu (26/6/2016).

Jika limbah tersebut tidak bisa dimanfaatkan sama sekali, seperti kandungan maupun bahan materialnya, maka pihak pabrik akan memusnahkan kedalam mesin incinerator. Yaitu alat pembakar sampah yang dioperasikan dengan teknologi pembakaran pada suhu tertentu, sehingga sampah dapat terbakar habis.

"Kita berupaya untuk memanfaatkan terlebih dahulu menjadi barang yang memiliki nilai manfaat," tambahnya.

Dijelaskannya, salah satu limbah yang tidak bisa dimanfaatkan sama sekali, atau berbahaya jika dimanfaatkan kembali adalah limbah medis. Sehingga, khusus limbah medis ini seluruhnya dimusnahkan. Berbeda dengan limbah industri lain yang masih bisa diolah menjadi batako dan bata merah maupun kertas.

"Nah kalau limbah medis pasti dimusnahkan, sama seperti produk yang tidak mendapatkan ijin BPOM misalkan ijin edar, itu biasanya kita musnahkan di incinerator," paparnya. (Anik/Rpp)

  • Tentang Penulis

    Anik Hasanah

    Reporter RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00