• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Permudah Layanan, Kemenag Pangkas Proses Pendaftaran Ibadah Haji

29 April
16:56 2016
0 Votes (0)

RRI, Surabaya : Kementerian Agama terus berupaya memberikan kemudahan kepada calon jamaah haji dalam hal tata kelola layanan. Karena itu, ada kebijakan terbaru dari Kemenag yakni memangkas proses pendaftaran menjadi hanya 2 tahap di tahun 2016, lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 4 tahap.

Kepala Seksi Pembinaan Haji danUmroh Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur Abdul Haris, Jum'at (29/4), mengatakan penyederhanaan pendaftaran ibadah haji tersebut lebih mempermudah calon jamaah haji. Jadi calon jamaah haji yang ingin mendaftar cukup membuka tabungan dan membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Bank Penerima Setoran (BPS). Setelah itu, calon jamaah haji bisa ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk melakukan validasi, mengisi formulir, serta melakukan cetak nomor porsi.

"Dengan siskohat generasi ke-2, tingkat konektivitas antar lembaga, diantaranya antar Kementerian Agama dengan BPSPI diperkuat, dipertajam dengan pola switching. Jadi pola instruksi yang cepat itu nanti ada pemangkasan. Jadi yang menerbitkan No. porsi nanti di Kementerian Agama, bukan lagi di bank," terangnya.               

Selain pendaftaran haji, Kementerian Agama juga menyederhanakan proses pelunasan menjadi hanya 2 tahap, dengan inisiatif membuka pelunasan bagi calon jamaah haji kuota cadangan. Kebijakan tersebut cukup efektif dalam pemanfaatan kuota. Kementerian Agama menyebutkan optimalisasi pemanfaatan kuota cukup penting karena daftar tunggu calon jamaah haji semakin panjang. (farida/rpp)

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00