• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Travel Agency Belum Miliki Izin, 116 Jamaah Umroh Asal Tuban Terlantar di Sidoarjo

4 March
15:43 2016
0 Votes (0)

RRI, Sidoarjo : Ratusan calon jamaah umroh dari PT. Aya Sofya Travel Jakarta yang belum berangkat ke tanah suci sejak 27 Februari lalu akhirnya menginap di pondok pesantren. Calon jamaah umroh tersebut yang mayoritas berdomisili di Tuban ada yang menginap di pondok pesantren Surabaya, sebagian diantaranya menginap di pondok pesantren Sidoarjo.

Siang tadi, Jum'at (4/3), Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur Abdul Haris, mengatakan penyebab belum berangkatnya calon jamaah umroh tersebut karena terkendala visa. Untuk mendapatkan visa, penyelenggara perjalanan ibadah umroh harus memiliki izin dari Kementerian Agama. Sementara PT. Aya Sofya Travel, ungkap Abdul, masih belum memiliki izin tersebut karena masih mengurus izin dari Kementerian Agama.

"Sekitar 116 orang Jawa Timur, mayoritas Tuban. Jadi kita lacak terus koordinasinya dengan siapa, kerjasamanya bagaimana, bisa mendapatkan visa itu bagaimana caranya karena salah satu persyaratan untuk mengeluarkan visa, penyelenggara perjalanan ibadah umroh yang mengajukan harus penyelenggara yang punya izin," terangnya.                       

Di samping itu, Abdul Haris menambahkan jika PT. Aya Sofya Travel bekerjasama dengan penyelenggara perjalanan ibadah umroh di Jakarta yang memiliki izin dari Kementerian Agama. Padahal, berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku di bidang penyelenggara umroh, Abdul menjelaskan penyelenggara perjalanan ibadah umroh hanya bisa bekerjasama dengan penyelenggara perjalanan ibadah umroh lainnya yang sama-sama memiliki izin dari Kementerian Agama. (farida/rpp/foto: http://surabaya.tribunnews.com)    

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00