• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

2016, Dibuka Pengurusan Izin Usaha Baru PPIU dan PIHK di Jatim

23 January
16:25 2016
0 Votes (0)

RRI, Surabaya : Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Jawa Timur yang belum terdaftar resmi berpeluang mengurus ijin baru usahanya, pasca moratorium penambahan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang habis masa berlakunya pada akhir tahun 2015.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Mahfudh Shodar, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Abdul Haris mengatakan, dalam penambahan kedua penyelenggara ibadah tersebut, proses perijinan baru yang berlaku lebih selektif. Abdul mencontohkan ada syarat tambahan untuk mendapatkan ijin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh di tahun 2016, salah satunya pemilik usaha harus beragama Islam.

"Jadi 2015 itu ada moratorium. Tidak ada penambahan. Baru ini tahun 2016 itu ada rencana dibuka untuk perijinan baru PPIU maupun PIHK," terangnya, Sabtu (23/1).      

Abdul Haris mengungkapkan, selama moratorium penambahan PPIU dan PIHK pada tahun 2015, Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur berorientasi kepada program pembinaan, pengawasan, pengendalian, dan penindakan. Untuk penindakan penyelenggara perjalanan ibadah tersebut yang ilegal merupakan ranah aparat kepolisian. Sementara Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur hanya menindak kasus Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang memiliki ijin usaha. (farida/rpp)    

Sumber foto :
depag1.rssing.com   

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00