• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Kanwil Kemenag Jawa Timur Antisipasi Maraknya Praktek Umroh Ilegal

10 January
14:22 2016
0 Votes (0)

RRI, Surabaya : Dalam mengantisipasi maraknya praktek umroh ilegal, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur melaksanakan program pembinaan, pengawasan, pengendalian dan penindakan. Untuk pembinaan, Kanwil Kemenag Jawa Timur melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama umat muslim agar dalam menjalankan Ibadah Umroh untuk tidak menggunakan jasa penyelenggara perjalanan ibadah umroh yang Ilegal.

Mewakili Kakanwil Kemenag Jawa Timur Mahfudh Shodar, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Abdul Haris, mengatakan selain sosialisasi, Kanwil Kemenag Jawa Timur juga menyebarkan brosur yang berisikan informasi tentang penyelenggara perjalanan ibadah umroh legal ke Kabupaten/Kota. Abdul menambahkan umat muslim juga dapat melihat informasi tersebut melalui media sosial maupun website Kementerian Agama, baik di tingkat pusat maupun provinsi Jawa Timur.  

"Kita mempunyai program pembinaan, pengawasan, pengendalian dan penindakan. Dalam rangka pembinaan, kita sosialisasikan kepada masyarakat bahwa travel-travel yang kalo berangkat umroh, pakailah travel-travel yang memiliki ijin. Kami sudah sampaikan di media sosial, kami juga sudah menyebarkan beberapa brosur-brosur ke kabupaten/kota tentang travel-travel yang berijin," terangnya, Minggu (10/1).              

Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jawa Timur Abdul Haris mengungkapkan praktek umroh ilegal pernah terjadi pada tahun 2015. Jamaah umroh di masa itu pernah terancam tidak bisa kembali ke Indonesia setelah menuntaskan ibadah umrohnya. Abdul menjelaskan faktor penyebabnya pada penyelenggara perjalanan ibadah umroh yang hanya memberikan tiket keberangkatan umroh kepada jamaah umroh dan tidak memberikan tiket pemulangan ke tanah air. (farida/rpp) 

Sumber foto : http://4.bp.blogspot.com

  • Tentang Penulis

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

  • Tentang Editor

    Admin_Surabaya

    <strong>Team</strong> <strong>Website RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com</strong>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00