• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Deputi Gubernur BI: Target Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,1% - 5,5% di Tahun 2018

9 December
05:42 -0001
0 Votes (0)

KBRN, Pangkalpinang; Deputi Gubernur Bank Indonesia,  Rosmaya Hadi mengatakan pada tahun 2018, target pertumbuhan ekonomi 5,1 - 5,5%. Sedangkan target Inflasi tahun ini 3,5 % plus minus 1.

Hal itu diungkapkan Rosmaya Hadi ketika Sertijab Kepala BI Babel dari Bayu Martanto kepada Tantan Heroika Sukmadrajat yang berlangsung di Hotel Novotel Pangkalanbaru Bangka Tengah, Jum'at (12/1/2018)

Menurut Rosmaya capaian pertumbuhan ekonomi itu akan sangat terkait dengan upaya menggali berbapai potensi sumber daya saing yang bisa membuka peluang pengembangan perekonomian di tanah air termasuk pencapaian perekonomian di Bangka Belitung. 

Pertumbuhan ekononi di Babel sendiri mengarah  pada potensi sektor kepariwisataan, peningkatan hasil kelautan dan perikanan serta pembenahan tata niaga komoditas bahan pangan.

Menurut Rosmaya, dalam pencapaiannya itu harus mampu melewati tantangan  perekomian di Babel yaitu;  masih adanya ketergantungan pada sektor pertambangan, kurangnya sarana dan infrastruktur pendukung pariwisata, serta kurangnya Tata Niaga atau Rantai Distribusi Komoditas Pangan.

"Perekonomian Global  mempunyai tiga isu strategis yaitu Negara Maju dan Berkembang akan menjadi sumber perekonomian dalam jangka menengah dan panjang. Indonesia termasuk di dalamnya," kata Rosmaya Hadi, Jum'at (12/1/2018)

Rosmaya mengajak agar Babel mampu mencari peluang sebagai sumber-sumber perekonomian namun ketika adanya harga harga komoditas yang melambat serta kenaikan suku bunga, merupakan hal yang harus diwaspadai.

Menuju pencapaian perekonomian yang mengglobal, Rosmaya menilai ada  tantangan perekomian di Babel, seperti harus mampu menghilangkan  ketergantungan pada sektor pertambangan, Selain itu tantangan kurangnya sarana dan infrastruktur pendukung pariwisata, serta kurangnya Tata Niaga atau Rantai Distribusi Komoditas Pangan.

Sementara itu Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah berharap agar capaian-capaian positif dalam perekonomian yang selama ini diraih melalui kepemimpinan Kepala BI Babel sebelumnya dapat dijaga bahkan lebih ditingkatkan lagi bersama kepimpinan Kepala BI yang baru Tatan Heroika.

"Sinergitas yang baik antara BI Babel dan Pemprov Babel yang selama ini telah terjalin dengan baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan," kata Wagub. 

Wagub menyampaikan penghargaan yang kepada Bayu Martanto yang telah bersama-sama membangun Babel dalam kurun waktu lebih kurang tiga tahun, dan telah memberikan konstribusi cukup signifikan dalam meningkatkan perekonomian di Babel. 

Terkait Sertijab; Kepala Perwakilan BI Babel yang baru Tantan Heroika Sukmadrajat yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Pengelola Talen, Departemen SDM BI. Sementara Bayu Martanto  akan bertugas di tempat yang baru, yaitu memimpin Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi. (Lulus/LG)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00