• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Praktek Literasi, Dinas Perpustakaan Sintang Kembangkan Tanaman Hidroponik

25 February
14:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Mengembangkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Perpustakaan Desa, kampung literasi dan taman baca masyarakat yang berminat mengembangkan tanaman hidroponik, sebagai langkah nyata praktek ilmu pengetahuan budidaya tanaman melalui letrerasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Sintang Iwan Setiadi, S.E, M.Si mengatakan mengembangkan literasi berbasis inklusi sosial salah satu kegiatannya adalah pelatihan bahasa Inggris, pelatihan Komputer dan praktek budidaya tanaman hidroponik.

“yang pertama bahwa kita menjalankan fungsi perpustakaan guna mengembangkan ilmu pengetahuan, perpustakaan bukan hanya sekedar tempat membaca tetapi mengembangkan ilmu pengetahuan yang dibuktikan dengan kegiatan praktek”. Kata Iwan, Selasa (25/02/2020).

Bagian pembinaan tanaman hidroponik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Sintang Blasius Adri mengatakan praktek tanaman hidroponik memiliki tata cara khusus pemantauan standar kemiringan, standar pompa, pupuk dan perawatan tanaman.

“Kemiringan lima centimeter, satu talang dua liter per menit, paralon panjang empat meter itu ukuran standar untuk tanaman hidroponik”. Kata Blasius.

Dikatakan Iwan pihaknya membudidayakan tanaman hidroponik di tiga lokasi di Menyurai, Sungai Tebelian Sintang dan di Balai Harapan Kecamatan Tempunak, selanjutnya memberikan pembinaan dan palatihan kepada kelompok masyarakat yang berminat untuk mengembangkan tanaman hidroponik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00