• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tumbuhkan Minat Baca, Arsip Dan Perputakaan Sintang Terus Berinovasi

21 February
06:59 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sintang : Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Iwan setiadi mengatakan, pihaknya terus membuat terobosan baru dalam peningkatan minat baca masyarakat dengan berbagai inovasi.

Kerjasama dengan lintas sektoral dinilai penting dalam meningkatkan kegemaran minat baca Masyarakat salah satunnya melalui BI (Bank Indonesia) Corner yang ikut serta memfasilitasi Perspustakaan keliling di Sintang.

“Kita akan menjalani program ini dalam pelayanan demi menunjang kemudahan dalam transaksi publik dan di tempatkan di pelayanan publik yang ada, tahun ini akan kita adakan festival literasi dengan membaca kita mengetahui dunia,” ungkapnya.

Pada era digital saat ini Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sintang juga kata Iwan Setiadi, terus melakukan transformasi layanan melalui digitalisasi perpustakaan sehingga memudahkan publik dalam mengakses informasi

Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi kalimantan barat Agus Chusaini mengatakan  dengan program BI Corner ini merupakan program nasional seluruh indonesia yang dicanangkan melalui kementerian pedidikan dan kebudayaan

“ Di kalimantan barat terdapat 14 BI Corner yang kita bangun tujuan nya untuk meningkatkan literasi minat baca bagi masyarakat, selain  itu mengenalkan BI Corner kepada masyarakat agar lebih dekat melalui literasi perpustakaan,” kata Agus.

BI Corner ini mengenalkan informasi melalui fasilitas yang memberikan Edukasi tentang peran dan fungsi Bank Sentral yang dapat di akses melalui koleksi cetak maupun elektronik.

“Bank central juga mengenal informasi mengenai kondisi keuangan dan perekonomian di tanah air sehingga kita menyediakan buku - buku yang berisikan tentang moneter, finansial, dan perbankan, dalam ruang lingkup perpustakaan yang dapat menarik minat pembaca juga mendidik melalui kegiatan kegiatan enterpeuneurship yang sukses dalam pengembangan usaha,” katanya.

Agus menambahkan melalui BI Coerner literasi perpustakaan harus dimanfaatkan bagi masyarakat luas menambah literasi minat membaca masyarakat, khususnya di desa - desa yang ada di kabupaten Sintang sehingga kita mampu membangun kampung literasi yang ada di kabupaten Sintang. (fk)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00