• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Trail Literasi Menjangkau Layanan Perpustakaan Hingga Pedesaan

20 February
16:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sintang:Menjangkau layanan perpustakaan ke daerah yang akses jalannya tidak bisa dilalui dengan mobil perpustakaan keliling, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang meningkatkan layanan dengan Trail Literasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Sintang Iwan Setiadi mengatakan Trail Literasi ini bertujuan membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat.

“Minat baca masyarakat masih sangat minim apalagi dengan adanya teknologi modern seperti gadget karena itu, kami meminta orang tua ikut berperan serta dalam menumbuhkan minat baca di kalangan generasi muda khususnya bagi para pelajar karena pembudayaan gemar baca harus ditanamkan sejak usia dini,” Katanya, Kamis (20/02/2020).

Kata Iwan Setiadi pihaknya juga akan menjadwalkan trail literasi budaya membaca ke desa-desa dan pedalaman di kota Sintang yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda 4 dan kendaraan biasa secara bertahap.

“ Dengan adanya Trail litersi ini kami akan menjangkau hingga daerah yang tidak bisa dilalui dengan mobil perpustakaan keliling, dan saat ini sudah ada 4 sepeda motor untuk perpustakaan keliling dan 2 diantaranya motor Trail,” Jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Jerora 1 Bertolomius Rupiyanto mengatakan sebagai percontohan perpustakaan desa pihaknya sangat mendukung gerakan trail literasi yang digalakkan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sintang karena akan  mencerdaskan anak bangsa melalui budaya membaca hingga ke daerah pedalaman.

“Dengan adanya trail literasi yang digalakkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Sintang, saya berharap minat baca dan pengetahuan masyarakat di kabupaten Sintang terutama di padalaman akan lebih meningkat,”. Tambahnya (Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00