• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Bully, Sekolah Tegaskan Tata Tertib sejak MOS

18 February
15:33 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Perundungan atau bully kerap terjadi di lingkungan sekolahdan berdampak buruk bagi psikologi anak bahkan berujung pada kematian.

Menanggapi hal tersebut Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Dedai Putra Gunawan mengatakan sebenarnya kasus bully sudah ngetrend bukan hanya di kabupaten Sintang bahkan mendunia, karena itu perlu peningkatan daya kontrol dari pihak sekolah dan masyarakat.

Menurutnya jika daya kontrol dari pihak sekolah, orang tua dan masyarakat maksimal maka tidak akan terjadi kasus bully, apalagi jika bakat anak  dapat terexplore dengan baik  dan diarahkan ke hal positif.

Ia mengatakan salah satu pengawasan yang dilakukan oleh pihak sekolah yakni dalam  penanganan tata tertib yang harus tegas dan harus disosialisasikan pada penerimaan siswa baru atau pada masa orientasi siswa baru.

“Kita harus tegas dan memsosialisasikan tata tertib sejak masa orientasi siswa baru terkait resiko dari setiap tindakan yang dilakukan jika melanggar aturan yang berlaku, supaya anak-anak sudah ada warning sebelum melakukan sesuatu,” Katanya saat ditemui RRI, Selasa (18/02/202).

Putra Gunawan Menjelaskan beberapa penyebab bully yakni kurangnya pengawasan dari orang tua, lingkungan keluarga yang sering melakukan kekerasan, fenomena genk dan ikut-ikutan teman,pengaruh media sosial yang tidak tepat, ketidakpedulian antar sesama.

“Beberapa cara yang dapat mecegah terjadinya bully yakni menanamkan rasa percaya diri pada sang anak sejak dini, mensosialisakan pada diri anak bahwa semua orang sama, menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama,” Tambahnya.(Yos)

00:00:00 / 00:00:00