• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bela Peladang, Ketua ASAP Sintang Harap Peladang Divonis Bebas

13 February
16:37 2020

KBRN, Sintang:  Ketua Aliansi Solidaritas Anak Peladang (ASAP) Sintang Andreas berharap enam orang peladang yang sedang diproses hukum di Pengadilan Negeri Sintang dapat divonis bebas.

Andreas menjelaskan bahwa ladang adalah pondasi kebudayaan, kearifan lokal, hasil ladang dipamerkan setiap perayaan gawai Dayak masyarakat Dayak di kabupaten Sintang, dengan demikian menjaga kearifan local menjadi kewajiban para peladang di Sintang Kalimantan Barat, proses menanam berdasarkan ketentuan secara turun temurun dengan memperhatikan kelestarian alam.

“Kami berharap para peladang yang ditahan ini dapat dibebaskan “. Kata Andreas, Kamis (13/02/2020).

Dikatakan Andreas para peladang di Sintang masih tetap berpegang teguh dengan budaya gotong royong saat membakar ladang agar api tidak merembet ke lahan atau area diluar batas luas ladang yang dijadikan lokal penanaman.

“Kedepan ada solusi kepada para peladang agar dapat membuka ladang tanpa membakar dengan biaya terjangkau dan sosialisasi dapat menjangkau ke seluruh pelosok Kabupaten Sintang sehingga tidak ada lagi para petani yang tidak mengetahui aturan hukum serta tata cara mencegah kabut asap”.tambah Andreas.

00:00:00 / 00:00:00