• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jeffray : Ladang Berpindah Tradisi Masyarakat Dayak Yang Sudah Turun Temurun

12 February
16:45 2020

KBRN, Sintang: Ketua Dewan Adat Dayak (DAD)Kabupaten Sintang Jeffray Edward, S.E, M.Si mengatakan ladang berpindah yang dilaksanakan masyarakat dayak merupakan tradisi masyarakat dayak yang sudah turun temurun dari zaman  leluhur.

“Ladang berpindah bukan berarti merusak lingkungan karena ini merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dayak yang memang kehidupannya pun dialam,” Katanya ditemui RRI saat Aksi Damai Peladang di Pengadilan Negeri Sintang, Rabu (12/02/2020).

Menurutnya setelah berladang hutan yang mereka olah akan tumbuh kembali dan akan dijaga kembali kelestariannya seperti semula .

“Teknologi baru yang dikembangkan oleh pemerintah bagi seluruh masyarakat indonesia juga bisa menjadi bagian pemikiran bagaimana membina masyarakat yang berladang supaya diberikan pemahaman teknologi yang baru agar bisa melakukan cocok tanam yang baik bagi masyarakat dan pemerintah,” Jelasnya.

Jeffray Edward menegaskan walaupun ada teknologi baru yang dikembangkan oleh pemerintah nantinya tradisi adat istiadat yang sudah melekat sebagai bagian dari kebiasaan adat istiadat masyarakat dayak tidak bisa dihapus karena ini budaya yang tetap harus dilestarikan.

“Teknologi baru yang dikembangkan oleh pemerintah formatnya harus dengan kombinasi yang baru yang bisa dikembangkan dimasyarakat dayak,” Ujarnya.(Yos)

00:00:00 / 00:00:00