• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Pernikahan Dini, Kementerian Agama Sintang Lakukan Konseling

13 January
17:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Bimas Kristen Kementerian Agama Kabupaten Sintang mengintruksikan pada lembaga gereja-gereja melalui gembala, pendeta dan tokoh agama untuk memberikan konseling pada calon pasangan suami istri agar calon pasangan memenuhi kriteria pernikahan baik secara peraturan perundang-undangan maupun hukum agama, menindaklanjuti hampir setiap hari adanya  permohonan dispensasi kawin yang diajukan ke Pengadilan Agama Kabupaten Sintang. 

Penyelenggara Bimas Kristen Kementerian Agama kabupaten Sintang Edi Pranoto mengatakan  sebelum menikah, calon  pasangan mengikuti konseling atau bimbingan pra nikah, wajib mengikuti peraturan Undang-undang dan aturan agama sebab dalam ajaran umat Kristen, pernikahan itu sifatnya kudus.

“Kami selalu berpesan dengan lembaga gereja, agar menikah sesuai dengan umur yang ditetapkan oleh pemerintah”. Kata Edi Pranoto, Senin (13/01/2020).

Dikatakan Edi, sebelum melakukan pernikahan, sebaiknya melakukan konsultasi bersama pendeta, pernikahan yang sah adalah pernikahan yang memenuhi syarat secara agama maupun aturan yang diberlakukan secara umum.

“Konseling umat Kristen ada beberapa tahapan, tunangan selama tiga bulan dilanjutkan dengan bimbingan pernikahan di gereja masing-masing untuk persiapan aspek jasmani dan rohani”. Tambah Edi Pranoto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00