• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Empat Kecamatan Dikabupaten Sintang yang berpotensi terjadi gerakan tanah tinggi

6 January
18:01 2020
0 Votes (0)

KBRN Sintang : Empat Kecamatan Dikabupaten Sintang yang berpotensi terjadi gerakan tanah tinggi seperti Kecamatan  Ambalau, Kayan Hilir, Kayan Hulu dan  Serawai . Menurut Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Penangulangan Bencana Daerah -BPBD Kabupaten sintang  Sugianto , Empat Kecamatan di Kabupaten Sintang berpotensi menengah tinggi terjadi gerakan tanah.

Pihaknya Kata Sugianto,  melakukan pemetaan secara detail. Pemetaan itu, sebagai dasar penyusunan rencana mitigasi bencana.

"Tahap awal dilakukan pemetaan secara detail, sebagai dasar penyusunan rencana mitigasinya, BPBD sintang Selama ini selalu mendapatkan Informasi atau laporan  akurat dari setiap kecamatan jika terjadi bencana , sehingga informasi lebih cepat " ujar Sugianto, senin (6/1/2020).

Ditegaskan Sugianto, Untuk jangka waktu pendek, pihaknya selalu berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk  melakukan Monitoring perkembangan di lokasi yang berpotensi tinggi terjadi tanah bergerak. Untuk diketahui, empat kecamatan di Kabupaten Sintang berpotensi menengah tinggi terjadi gerakan tanah. Peringatan dini sudah dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG).

Peringatan dini sudah dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG).Potensi gerakan tanah terbagi dua Zonasi: menengah dan tinggi. Total kecamatan yang berpotensi ada 4 dari 14 kecamatan. Potensi gerakan tanah menengah tinggi: Ambalau, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Serawai.

Berdasarkan Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, potensi gerakan tanah menengah adalah daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah.

Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sementara daerah yang masuk potensi tinggi, adalah daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah.Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali. ( Ram ).

  • Tentang Penulis

    Ade Ramli

    reporter <br /><div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" id="__zsc_once"></div>

  • Tentang Editor

    Ade Ramli

    reporter <br /><div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" id="__zsc_once"></div>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00