• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pembangunan ulang Pendopo Bupati sintang sudah 100 persen, Saat ini tinggal finishing .

3 January
17:08 2020
0 Votes (0)

KBRN Sintang : Pasca terbakarnya Pendopo Bupati Sintang pada 2018 silam, pendopo bupati Sintang kembali berdiri tegak. Struktur bangunannya persis seperti awal semula dibangun oleh Assiten Residen Belanda.Tidak ada yang berubah dari segi  struktur bangunan, luas bidang dan materialnya.Ujar Bupati Sintang , Jumat ( 3/1/2020).

Menurut  Bupati Sintang Jarot Winarno Bangunan Pendopo Semuanya dipertahankan seperti bangunan awal, mengacu pada rekomendasi Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Samarinda.

"Pembangunan kembali Pendopo atau rumah jabatan Bupati ini, kami tetap mengacu pada rekomendasi dari pihak BPCB yang harus memperhatikan beberapa hal."Pertama, keaslian bahan, bentuk, tata letak, arsitektur dan teknologi pekerjaanya. Kedua, kondisi semula dengan tingkat perubahan sedetail mungkin," kata Jarot.

Ada pun struktur banguanan bawah pendopo, mulai tiang tongkat, balok, tiang jenang, lantai dinding, pintu dan jendela semua dari bahan kayu super, atau Kayu belian.Sedangkan, struktur rangka atap dari kayu kelas 1. "Bahan atap (yang bukan kelas 1) karena atap kayu belian sulit untuk mendapatkanya saat ini," ungkap Jarot

Ditegaskan , dalam membangun kembali rumah eks asisten residen belanda yang dijadikan Rumah Dinas  Bupati Sintang  atau pendopo Bupati tidak semudah yang dibayangkan.

"Karena kita harus mengembalikan kepada bentuk aslinya, serta materialnya sulit, sudah sangat sulit didapatkan kayunya, sedangkan ukuran kayu pada bangunan ini, tidak sama dengan ukuran standar yang ada di pasaran," jelasnya.

Pihaknya memastikan, Pembangunan ulang pendopo Bupati sintang bangunan fisiknya saat ini mencapai 100 persen. Hanya tinggal finishing dibeberapa bagian, tegasnya. ( Ram ).

  • Tentang Penulis

    Ade Ramli

    reporter <br /><div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" id="__zsc_once"></div>

  • Tentang Editor

    Ade Ramli

    reporter <br /><div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" id="__zsc_once"></div>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00