• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Banjir Merendam 11 Desa Di Kecamatan Kayan Hilir

4 December
14:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Akibat curah hujan yang tinggi, 11 Desa Di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang  terendam banjir dengan kedalaman 1 hingga 2 meter.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Kayan Hilir Sadikin mengatakan, 11 desa yang terdampak banjir tersebut merupakan desa yang berada  daerah aliran sungai Inggar.

“ Daerah yang terdampak banjir tersebut merupakan daerah aliran sungai Inggar, karena saat ini curah hujan cukup tinggi, dan sungai Inggar itu meluap,” Katanya saat dikonfirmasi RRI melalui telepon, Rabu (04/12/2019).

Ia menjelaskan daerah  yang terdampak banjir di kecamatan Kayan Hilir antara lain Nyangkom, Tuguk, Kemayau, Sungai Garong,Sungai Buaya, Sungai Sintang Dan Neran Baya.

Sadikin juga meminta kepada masyarakat setempat yang bermukim dibantaran sungai inggar agar lebih waspada mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi didaerah setempat.

Sementara itu, pendamping desa teknik Infrastruktur kecamatan Kayan Hilir Yovinianus Hendro mengatakan untuk desa tuguk yang merupakan  desa bimbingan pihaknya banjir dengan kedelaman 1 hingga 2 meter telah merendam desa tersebut selama 3 hari. 

“ Kedalaman air yang mencapai kurang lebih dua meter menyebabkan pendudukan setempat yang mayoritas petani tidak bisa beraktivitas, dan satu-satunya transportasi yang digunakan masyarakat setempat untuk mencari makanan adalah perahu,” Kata Yovi.

Yovi  menghimbau  agar masyarakat selalu waspada terhadap barang berharga, aliran listrik serta orang tua yang memilki anak kecil untuk selalu di pantau dan diawasi agar tidak ada korban jiwa.(Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00